Headlines News :
Home » » Jika Dunia ini mengalami Sehari tanpa Internet

Jika Dunia ini mengalami Sehari tanpa Internet

Written By abdul karim on Tuesday, 22 April 2014 | 04:40

Abdul Karim
Sehari Tanpa Internet - keberadaan internet pada 2 dekade terakhir praktis mengubah mindset dan psikologis masyarakat. Orang – orang cenderung hidup lebih mainstream , broadmind  juga penuh antusias membuka lembaran-lembaran informasi virtual yang beredar di dunia maya.  Sebagian dari mereka menemukan jati diri, berkarir secara virtual , dan melakukan bisnis-bisnis yang bersifat online. pada angle ini internet berperan sebagai protagonis. Namun diwajah yang berbeda internet juga lahir sebagai tokoh antagonis, banyak orang terbius hingga mengidap Internet Addiction Disorder (sindrom kecanduan internet) yang sedikit mengubah psikologis mereka  menjadi lebih anti-social ,  introvert hingga phobia terhadap dunia luar. Apapun pro dan kontra yang terjadi akibat internet , tetap saja manfaatnya lebih besar dari pada negatifnya. Ini hanya perkara menggunakan Pisau, jika internet dianggap sebagai pisau untuk memasak tentu bermanfaat bagi orang banyak. Begitu juga sebaliknya jika pisau diberikan pada penjahat mungkin dia akan menggunakannya untuk hal-hal yang tidak bertanggung jawab.
 Anyway, semakin berkembangnya kebutuhan internet secara pesat ..semakin tidak kuasa saya bayangkan tentang sebuah hari tanpa internet. Jutaan orang banyak menggantungkan hidupnya dari internet. Kita bisa menilai dari berbagai perspektif dan sudut bidang. Kerugian apa yang ditimbulkan dari offlinenya internet dalam satu hari :

Pertama dari Segi Ekonomi : saya ambil sebuah situs besar seperti facebook.com  menurut situ CNET News, facebook mampu meraup penghasilan 2 milyar USD dalam satu hari. Juga ratusan ribu situs yang bergantung kepada internet juga banyak menghasilkan pundi-pundi rupiah setiap harinya. Dari situs besar seperti amazon.com atau blogger-bloger kecil yang menggantungkan hidupnya pada layanan bisnis online. Bayangkan berapa banyak kerugian ekonomi yang muncul jika internet mati walaupun hanya satu hari. Dan provider internet pun menjadi imbas dari kejadian ini.  Saya bisa membayangkan warung internet akan tutup satu hari dengan alasan yang aneh.

Kedua dari segi Pendidikan : Sistem klasik belajar di kelas sudah mulai pudar akibat sistem virtual class yang ditawarkan melalui internet, sistem online class mulai diterapkan beberapa universitas ternama di mancanegara maupun wilayah domestik kita , jika satu hari internet menghilang dari permukaan , tak terhitung secara materi tentang kerugian kelas-kelas online yang terlantar karena putus komunikasi. 

Ketiga: Dari sektor Sosial, ada beberapa orang yang setiap harinya berinteraksi melalui social networking seperti twitter, twoo, facebok , 

google+ dan sebagainya, mereka menggunakan social networking untuk bermacam hal. Jika perusahaan menggunakannya untuk bisa berhubungan langsung dengan klien-klien mereka, mahasiswa yang study abroad (luar negeri) juga biasanya menggunakannya untuk menghubungi sanak saudara. Bayangkan , jika kita kehilangan informasi akibat kehilangan kontak social media yang offline pada hari itu juga , sementara informasi ini bersifat urgent dan harus disampaikan segera.  Kerugian ini menjadi menjengkelkan hanya karena internet dibumi offline.

Keempat dari segi transportasi : Ada banyak orang yang berpergian mengandalkan GPS atau online maps yang tersedia di Gadget mereka, tak bisa dibayangkan mereka tersesat kehilangan arah akibat ketergantunganna pada internet melalui online maps.

Kelima dari segi Informasi : ini alasan yang nyata, setiap hari ada saja orang yang mencari informasi di Internet. Milyaran kata kunci selalu hadir di search engine untuk mendownload, upload , browsing maupun learning melalui browser di Depan monitor. Jika internet hilang sehari,  sudah dipastikan banyak orang-orang kebingungan mencari informasi saat itu, karena bisa jadi informasi yang harus mereka kirim atau dapatkan bersifat mendesak dan urgent.  Berita yang hilang, media online yang kehilangan suara dan sebagainya.

Keenam dari segi Produktivitas : ada banyak orang yang menghabiskan produktivitas mereka didepan monitor dan membutuhkan internet seperti web programmer, networking console, gamer testing atau live broadcast disana. Quote “time is money” sangat berharga bagi mereka dan harus kehilangan waktu sia-sia gara-gara internet down secara total.
Ketujuh dari sisi Kriminal dan security : banyak pihak yang menggunakan internet sebagai bagian dari pemantauan security system terhadap suatu kejadian, misalnya polisi lalu lintas saat ini sudah menghubungkan cctv secara WAN atau terhubung langsung melalui internet , kesempatan ini mungkin akan dimanfaatkan penjahat untuk mengacaukan suasana ditempat yang bergantung kepada internet.  

Saya tidak habis pikir jika internet padam walaupun hanya satu hari, kerugian akan dirasakan oleh berbagai pihak dan aspek.  Dunia terasa hampa, hiburan kosong  , dan komunikasi akan lebih sulit dan mahal. Meskipun begitu saya yakin tentu ada beberapa pihak yang merasakan keuntungan dari hilangnya internet tersebut. Misalnya orang-orang akan menggunakan media cetak atau elektronik lama yang lebih mahal dan kurang fleksibel untuk dibawa. Situs-situ berbau SARA tidak bisa diakses , game yang merusak tidak dimainkan oleh anak-anak dan sebagainya.
Tapi kita harus memandangnya dari kacamata yang positif. Internet saat ini sudah berubah menjadi sarana publik untuk pecitraan individual. Banyak orang jatuh gara-gara internet dan banyak orang bangkit akibat internet. Perkembangan media seharusnya kita tanggapi dengan berfikir lebih modern dan dinamis. Dan tentu sebagai pribadi yang bijak kita harus menyesuaikan kondisi dan beradaptasi dengan teknologi , bukan justru menjauhinya. Internet is our new power.

(tulisan ini diikut sertakan pada lomba blog sehari tanpainternet oleh telkomsel di http://telkomsel.com/genggam-internet)
Share this article :

4 comments:

  1. kalo sehari tanpa internet, banyak situs yang akan merugi ya seperti facebook dll

    ReplyDelete
  2. Sehari tanpa internet seperti sehari tanpa uang ya.

    ReplyDelete
  3. sehari tanpa internet, perekonomian jadi lumpuh total.

    ReplyDelete

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Catatan Karim - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template