Headlines News :
Home » » 20 Objek Wisata Menarik di Kabupaten Samosir

20 Objek Wisata Menarik di Kabupaten Samosir

Written By abdul karim on Friday, 4 April 2014 | 00:09

Brosur Pariwisata di Kabupaten Samosir
Brosur (Depan) Pariwisata Kabupaten Samosir
Sebenarnya tulisan ini hanyalah penjelasan dari Brosur Pariwisata Milik Kabupaten  Samosir yang berbahasa Inggris, namun menurutku tidak ada salahnya menuangkan isi dari brosur tersebut melalui tulisan kecil yang mungkin sedikit bermanfaat untuk kita semua. 

20 Objek Wisata Menarik di Kabupaten Samosir- Pulau Samosir adalah pulau dalam pulau terbesar di dunia. Terletak di Provinsi Sumatera Utara dan keseluruhan wilayahnya tergabung menjadi Kabupaten Samosir . Dalam sejarah , para geolog mengemukakan bahwa 75.000 tahun yang lalu diyakini terdapat letusan gunung berapi terdahsyat sepanjang sejarah manusia. Proses subduksi tersebutlah yang membentuk kaldera Danau Toba dan Pulau Samosir ditengahnya. Kabarnya kedahsyatan erupsi ini 35 kali lebih dahsyat dari Erupsi Tambora dan 150 kali lebih hebat dari letusan Krakatau. Dan Samosir juga di sebut sebagai Geo Park Toba, dimana batu-batu bekas letusan mesih tersebar disekitar pulau ini.


Feedback dari dahsyatnya vulkanik toba purba menghasilkan daerah yang indah, yang disebut-sebut sebagai bagian dari heaven of north sumatera . Pulau Samosir yang dihuni oleh suku Batak memiliki wisata alam yang luar biasa. Wisata budaya seperti carnaval sigale-gale, mangalahat horbo, ritual pangurason, tari sawan, mengokhal holi dan sebagainya. . Untuk Olahraga air seperti :  Jetsky, Swimming, Perahu Naga, Paralayang  dan Xtrim Trail bisa dilakukan di pulau ini .

Untuk menuju samosir tidaklah sulit , ada 3 rute perairan dan 1 jalan darat. Untuk rute darat kita bisa mencoba jalur menantang dari Medan-Tele yang berada di Kabupaten Humbang Hasundutan, jalur ini curam dan berkelok-kelok dengan jalan yang sempit . Namun kepuasan ini terbayar dengan pemandangan alam yang indah . Dan akan menemukan jembatan tehubung pulau Samosir yang dahulunya dibangun oleh Belanda. Kemudian jalur perairan dari Dermaga Tomok-Ajibata, Muara-Nainggolan dan Simanindo-Tigaras. Untuk tarif dan jadwal keberangkatan bisa dilihat di potongan brosur dibawah ini : 




Tercatat terdapat 55 hotel utama dan homestay2 kecil lainnya berada dipulau ini . Ini bisa dilihat potongan brosur depan yang ada di Samosir. Untuk urusan kulinaer ada banyak makanan khas samosir seperti Dali Ni Horbao, Nani Arsik , Nani Ura, Napinadar dan lapet .




Objek Wisata Kabupaten Samosir
Brosur ( Belakang ) Objek Wisata di Kabupaten Samosir



Ada beberapa objek wisata yang bisa kita kunjungi dipulau Samosir antara lain : 


1. Komunitas Tenun Ulos Batak Lumban Suhi 

Terletak 6 Km. Dari Pangururan , Terdapat pusat industri rumah tangga yang menghasilkan kain khas batak yang disebut dengan Ulos. Disini terdapat beberapa pengrajin ulos disekitar Desa Suhisuhi ,dan kita bisa memesan langsung ulos tersebut. 

2. Aek Rangat 

Di Pulau ini juga terdapat Sumber  Air Panas yang berasal dari gunung pusuk buhit. Tempat ini disebut dengan Aek Rangat yang terletak dikaki pusuk buhit, pangururang.  Air panas sangat baik untuk kesehatan . Setelah menikmati aek rangat kita juga dimanjakan dengan kopi hangat dan teh beserta makanan khas batak seperti Mi Gomak ( Batak Spaghetti) atau lapet .

3. Pantai Pasir Putih Parbaba 

Masih di daerah Kecamatan Pangururan , terdapat Pesisir danau yang mirip dengan pantai. Terletak di Desa Praba, kita bisa menuju kemari dengan mini bus seperti Sampri, PSN adan SBS . Banyak turis yang mengunjungi tempat ini untuk menikmati pemandangan Danau Toba. Selain berenang kita juga bisa menggunakan beberapa fasilitas perairan seperti Canoe, Banana boat , motor air yang bisa di sewa dengan harga yang bervariasi. 

4. Batu Kursi Siallagan 

Sekitar 5 km dari Arah Utara dari desa Tomok , terdapat situs megalitikum yang juga menjadi tujuan favorit para turis. Terdapat batu kursi Siallagan , tempat ini terdapat banyak peninggalan sisa-sisa dari kerajaan batak dengan patung-patung , tempat eksekusi dan rumah tradisional batak. 


5 Kawasan Tuktuk Siadong 

Tuk tuk adalah sebuah tanjung yang berada tidak jauh dari Tomok, disini terdapat banyak fasilitas yang disukai para turis. Tempat ini begitu indah dengan menikmati atmosfer samosir yang berbeda dengan semenanjung sepanjang 4 km kita bisa menemukan hotel, restoran , homestay, guesthouse , cyber cafe, grocery , souvenir diskotik dan bar

6. Pagar Batu Lottung 

Terletak di desa Lontung kecamatan Simanindo , diketahui sebagai desanya raja Batak , dikelilingi oleh pagar batu dengan ukiran tradisional batak . Beserta peninggalan-peninggalan masa lampau raja batak 

7. Makam Raja Sidabutar 

Ini adalah salah satu destinasi favorit wisatawan yang terletak di Desa Tomok. Terdapat makam-makam raja batak . Berdasarkan suatu legenda , Raja Sidabutar adalah raja yang memiliki kekuatan magis , kekuatannya terdapat pada rambutnya dan jika dipotong kekuatannya akan hilang. Disini juga kita bisa melihat tari Boneka sigale-gale ikonik khas Batak .

8. Pusat Souvenir Samosir 

Sebagai tujuan wisata , pulau Samosir juga dikenal baik dengan seni , kerajinan tangan dan budaya yang hebat. Berbagai kerajinan itu dijual di pusat pasar souvenir di Desa Tomok. Tidak jauh dari dermaga kita bisa melihat berbagai buah tangan yang bisa dibawa . 

9. Danau Sidhoni 

Danau sidhoni terletak di kecamatan Ronggurnihuta , jika samosir di juluki dengan pulau diatas pulau , maka sidhoni juga disebut dengan danau diatas danau. Air danau disini terkadang dilihat berubah warna . Sidhoni terletak 8 Km. dari Pangururan , pemandangan disekitar sungguh indah  dengan refleksi air pada sunsetnya. 


10. Batu Guru 

Berdasarkan legenda , batu guru merupa wujud dari kerbau perempuan dari plato samosir yang langsung berubah wujud menjadi batu. Versi lain mengatakan bahwa disini terdapat tempat pertama dari datuk yang bertapa dan membuatnya terllihat magis . Orang -orang yang berkeliling disini percaya bahwa ini merupakan tempat sakral dan dilarang berbicara kurang sopan jika berada ditempat ini. Batu ini tidak langsung menyentuh tanah , ia ditopang 3 batu . Batu guru bisa kita temukan dikecamatan Nainggolan . 


11. Kawasan Pondok Wisata Lagundi 

Terletak di kecamatan Onan Runggu Tempat ini cocok untuk kegiatan camping . Pantainya indah , kita  bisa berenang bebas disini dan terdapat pondok-pondok remaja yang tersedia. 


12. Air terjun Sampuran Efrata

Ini sebuah keindahan yang tersembunyi dibalik lembah pegunungan bukit barisan . Air terjun indah ini sempurna untuk merelaksasikan pikiran , dikelilingi pohon - pohon pinus dan batu-batu alam . Terletak di Desa Sosor dolok, Kecamatan Harion Boho Kabupaten Samosir . 


13. Hariara Maranak 

Hariara adalah situs budaya yang berisi pohon hariara.  terletak di Desa Urat, Kecamatan Palipi sekitar 25 Km. dari Pangururan. Semua ini berasal dari legenda Raja Lontung yang menanami pohon ini dari sebatang ara yang kering , dan pohon ini tetap tumbuh sekalipun tanah disekitarnya gersang, Kabarnya pohon ini juga disakralkan masyarakat setempat. 


14. Menara Pandang Tele 

Menara ini adalah tempat yang tempat untuk menikmati keindahan danau toba yang dilapisi oleh permukaan lembah dan bukit dengan kesan yang indah. Kita juga bisa menikmati segelas teh jahe atau secangkir kopi yang tersedia dekat dari tower. 

15. Batusawan 

Batu Sawan adalah air terjun yang terlihat seperti mangkuk besar, unik dan air ini memiliki rasa seperti air lemon. Beberapa pengunjung datang kemari dan berdoa agar diberi rezeki dan kesehatan kepad tuhan. 


16. Perkampungan Si Raja Batak 

Desa Raja Batak di Sigulanti berada disisi bukit dari gunung pusuk buhit . Dipercaya sebagai desa pertama dari asal usul suku Batak. Di sini juga direncanakan pembangunan  tempat wisata geopark danau Toba. 


17. Batu Hobon 

Batu Hobon adalah salah satu situs budaya yang menarik dikunjungi . Terletak di Lembah dari Pusuk Buhit . Berdasarkan legenda dari suku Batak , terdapat kepercayaan bahwa di sini tersimpan harta dan peninggalan sejarah kuno.



18. Aek Sipitu Dai 

Terletak di Desa Aek Sipitu Dai , Kecamatan Sianjur Mulamula, kira-kira 9 Km. dari Pengururan . Disni terdapat mata air yang  berasal dari 7 saluran dan setiap saluran memiliki rasa yang berbeda. Tempat ini juga dipercaya untuk menyembuhkan penyakit. 


19. Rumah Si Raja Batak 

Di Sianjur Mulamula, terdapat juga peninggalan sejarah berupa miniatur rumah raja batak.  Rumah ini merupakan rumah panggung yang terbuat dari kayu dan tanpa paku yang dilengkapi atap dan tangga


20. Desa Wisata dan Home Stay

Berwisata ke desa-desa samosir juga merupakan pilihan tepat. Menikmati kesegaran air ,mendengarkan burung-burung berkicau. Belajar tentang alam di Desa Homestay. Kita bisa mengunjungi desa-desa di samosir sambil melihat aktivitas masyakarat lebih dekat. 


Sebenarnya banyak lagi tempat wisata di Kabupaten Samosir yang layak kita kunjungi . Mudah-mudahan kedepan lebih banyak dan lebih lengkap lagi postingan tentang objek wisata menarik di kabupaten samosir

Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Catatan Karim - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template