Headlines News :
Home » » 100 status Facebook Favoritku

100 status Facebook Favoritku

Written By abdul karim on Saturday, 26 April 2014 | 20:39




Ini adalah postingan ke 100 ku di blog, tidak terasa bahwa angka postinganku sudah mencapai 3 variabel. Untuk sedikit menyambut pencapaian ini , postingan kali ini aku akan mengabadikan status-status terbaik dari facebook milikku di facebook.com/karimabdul91 , Status ini ku ambil sejak tahun 2008 - 2014 selama memiliki akun facebook. langsung saja menuju TKP ya..




1.Jauhilah kebiasaan menggunjing, karena menyebabkan tiga bencana: pertama, doa tak terkabul. Kedua, amal kebaikan tak diterima. Dan ketiga, dosa bertambah ( 9 September 2009 )


2. Seseorang yang optimis akan melihat adanya kesempatan dalam setiap malapetaka, sedangkan orang pesimis melihat malapetaka dalam setiap kesempatan. (14 September 2009)


3. Wahai orang-orang yang beriman, kenapakah kamu mengatakan sesuatu yang tidak kamu kerjakan,Amat besar kebencian di sisi Allah bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tidak kamu kerjakan (18 Maret 2010)


4. KARRA itu belum mati,dan ga akan pernah mati.KARRA cuma berhibernasi. Ia tertidur untuk bangkit kembali...jiwanya masih bernafas untuk satu tujuan..."CINTA ABADI" (10 Mei 2010)


5. guru yang berkualitas akan menghasilkan murid yang berkualitas.. (26 Mei 2010)


6. mau sesuatu yang sempurna, harus dimulai dengan hati yang sempurna (30 Juli 2010)

7. selamat jalan saudara-saudaraku.setelah dua bulan kita membangun silaturahmi ini, malam ini kita harus menempuh jalan hidup baru.persaudaraan ini akan selalu melekat di sanubari. (18 Agustus 2010)


8. Berbagai fenomena hitam, yang terjadi di negeri kita menjadi satu pukulan berat buat bangsa indonesia. sebagai generasi muda kita harus tetap waspada terhadap kriminalitas yang terjadi. saya himbau untuk yang mau mudik.dengan maraknya kejahatan saat ini ...berhatil-hatilah . kejahatan selalu mengincar ...sebelum naik kendaraan jangan lupa berdoa. (27 Agustus 2010)



9. selamat idul fitri semua mari kita kembali ke "fitri"( berbuka)....

membuka lembaran baru yang lebih baik lagi.... ( 10 September 2010)


10. mau berubah , tapi tidak komitmen...?tidak akan pernah kita sampai pada perubahan, jika perbuatan hanya semangat sementara..keep your spirit, lead out load. (15 September 2010)


11. musuh terbesar dalam hidup adalah dirimu ..sendiri... jangan mengkritik sekeliling yang sekunder.. coba bercermin ..dan introspeksi diri.., setiap yang kalah pasti ada yang salah.. ibda' binafsika.. (18 September 2010)


12. jangan remehkan otak...mulai dengan keberanian, lakukan saja..maka otak anda pun berputar, dan terus menghasilkan karya ..besar, maksimalkan otak kita sekuat tenaga..terus berkreativitas..saya yakin, kemauan yang kuat mendongkrak kekuatan otak yang sedang tertidur (1 Oktober 2010)


13. hikmah hari ini: Penghinaan yang membangun ternyata lebih besar manfaatnya dari pada pujian yang merusak, kita menjadi sadar bahwa kritikan dan sentilan dari siapa saja berpengaruh untuk membangun motivasi diri , gelombang yang pasang selalu menghasilkan pelaut yang handal....terima kasih buat orang yang luar biasa menghinaku ..hari ini...karena beliau adalah motivator tersendiri ..bagiku...... (25 November 2010)


14. hikmah hari ini: tanpa disadari 17 juta anak indonesia berada dalam zona marginal (terlantar), tanpa mengecap pendidikan . bersyukur kemenag mengadakan sekolah gratis Dikterapan buat2 anak jalanan tersebut . oleh sebab itu ketuk nurani kita, bersyukur terhadap pendidikan yang kita rasakan ....terkadang melihat kebawah itu perlu , agar kita senantiasa bersyukur dengan apa yang kita miliki saat ini. ( 26 November 2010)

15. seseorang yang bijak menasehati ku hari ini: lebih baik menjadi kapten di kapal yang kecil dari pada pelayan di kapal besar ( 21 Januari 2011)


16. harus ada inovasi... jika tidak di mulai dari sekarang kapan lagi....(15 April 2011)


17. sulit juga rupanya me "restart" haluan hidup ini. (19 April 2011)

18. tetap semangat kawan...jangan kendurkan perjuangan! itu hanya sedikit cobaan yang membuat kita lebih berfikir tepat dan bertindak kuat ayo...kawan, keep your spirit (4 Mei 2011)

19. terlalu banyak ...angan-angan , terakhir satu pun tak ada yang terwujud... (6 Mei 2011)

20. salah satu dari hal -hal yang di sukai Allah SWT adalah , bersikap santun terhadap orang sekitar dan tidak tergesa -gesa dalam bertindak (9 Juni 2011)

21. ya..allah kini aku akan memulai hari yang berbeda , hidup yang berbeda dan suasana yang berbeda. dosa yang telahku tumpuk menjadi bumerang sendiri bagiku. ampunilah kesalahan ku ya...allah (15 Juni 2011)

22. Kenapa menilai seseorang secara totalitas hanya melalui pakaian.itu bukan jaminan...percuma ada piring yang indah jika di isi dengan nasi basi.mulailah menilai dengan arif dan bijaksana.perfect boy always on perfect character. (20 Juni 2011)


23. Dimana pun kamu berada ,jadikan qur'an dan hadist sebagai pedoman mu, akhlaqul karimah sebagai karaktermu, dan istiqamah sebagai tekad mu ..jangan mudah goyah karena masalah...hidup jika tidak di bumbui masalah akan menjadikan kita untuk sulit berfikir dewasa (25 Juni 2011)

24. Kehancuran suatu negara tidak lepas karena kehancuran akhlaq dan moral penduduknya,hidup yang hanya mementingkan uang semata hanya menjadikan hamba-hamba harta yg tidak kenal siapa tuhannya, (5 Juli 2011)

25. Tak kenal maka tak sayang , tak sayang maka tak cinta ..tak cinta maka tak nikah . ..tak nikah maka tak cerai ,sebenarnya setiap orang akan mengalami perceraian baik cerai dalam keadaan hidup atau cerai dalam keadaan wafat..TAK ADA YANG ABADI . (18 Juli 2011)

26. nasehatmu begitu inspiratif.senyumanmu penuh semangat.walau tubuhmu yang renta tak melekangkan semangat ibadah mu kepada sang khaliq.kini mata mu telah terpejam selamanya.selamat beristirahat kakek semoga perjalananmu menuju tuhan mengantarmu kejalannya.selamat tinggal kakek. (2 Agustus 2011)

27. manusia ini memang "gila".menjalankan koridor islam dianggap sebuah kesombongan.benar kata nabi badaal islaamu ghariban wasayauudu ghariban kama badaah. (4 September 2011)

28. hari ini seharusnya hari ulang tahunnya.kerinduan ini terbesit ketika wajahnya terpampang difoto.semoga allah membalas Semua ketulusan mu bundaku.in memorian my great mother almh.rabaiah, (27 Oktober 2011)


29. gara salah menafsirkan tentang al quran dia meresahkan orang2 dengan doktrin2 anehnya.setelah dikeroyok masa dia masuk rumah sakit .dan sekarang berada dirumah sakit jiwa.ini kisah nyata disekitarku.dan aku mendapati satu kenyataan bahwa jika ingin memahami alquran fahamilah kaedah bahasanya terlebih dahulu dan jangan kalian telan langsung pesan dari quran.innal bathila kana zahuuqa. (16 November 2011)


30. 2.5 %APBN Indonesia digunakan untuk pariwisata...

itu pun banyak kasus penyelewengan dana untuk pariwisata yang dibuat oleh benalu negara yang menjelma menjadi bisul, semoga bisul -bisul negara mampu ditabir dengan baik sehingga bisul tersebut tidak bermetamorfosa menjadi tumor yang melahap uang negara. Ayo dukung pemberdayaan pariwisata Indonesia.Road Map to zero Corruption (30 November 2011)

31. berakit -rakit kehulu berenang -renang ketepian bersakit -sakit dahulu bersenang2 kemudian , bersenang2 dahulu kufur nikkmat kemudian ,kufur nikmat dahulu masuk kuburan kemudian , masuk kubur dahulu azab neraka di penantian , masuk neraka kemudian habislah.....semua penyesalan (17 Desember 2011)


33. seseorang yang bodoh memaksakan diri memimpin yang bukan bidangnya , hanya karena menganggarkan harta dan kekuasaan.

maka hancur jadinya manajemen yang sudah tertata dengan rapi dan terorganisir ini.

bahkan seorang yang pintarpun bisa di kendalikan oleh orang bodoh yang memiliki kekuasaan .

benar-benar hancur kulihat ( 27 Januari 2012)


34. hidupmu bukan seperti file komputer. Jika sudah terdelete nyawamu tidak bisa direcovery dengan program apapun. untuk itu ...lakukan yang terbaik untuk hidup kita. (1 Februari 2012)



35. Untuk merancang di butuhkan seseorang yang berfikir

Untuk Melakasanakan dibutuhkan seseorang yang Bekerja

Untuk Mempertahankan dibutuhkan seseorang yang konsisten

mari berkarya....( 19 Februari 2012)



36. perubahan itu besar..cari ia dengan kekuatan yg besar dan cinta yg besar butuh..perjuangan yg besar agar perubahan itu menghampirimu .. ( an inspiration sentence from my best friend) (3 Maret 2012)

37. Kejarlah cintamu setinggi langit , tapi jangan lupa agama adalah fondasinya dibumi.. (5 Maret 2012)


38. Bangsa yang "biadab" adalah bangsa yang sudah tidak menjunjung tinggi pentingnya "beradab" (7 Maret 2012 )


39. Tidak Semua Manusia ber Intelektual tinggi bertindak sesuai dengan Ilmunya.....

Banyak yang bicaranya lebih buruk dari orang yang tidak berpendidikan sekalipun..

turut merenung akan hal...ini..... (24 Maret 2012 )


40. Berfikir ...berfikir...berfikir..dan terus berfikir... kapan kerjanya kalau berfikir terus-terusan ? (28 Maret 2012)


41. Butuh Keyakinan dan Kerja Keras untuk menyelesaikan ini..... kalau ditunda-tunda terus,bakalan ga sampai-sampai ke tujuan . Jadi..bergeraklah , karena pada setiap gerakan ada barokahnya tersendiri (21 April 2012)

42. Selamat tinggal..nenek,

Engkau telah menemui perjalanan paling misteri untuk menuju sang ilahi.Kami hanya bisa berdoa untuk kefashihanmu dalam menjawab pertanyaan2 barzah yang akan menyapa di liang sempit itu.

#Inna lillahi wa inna ilaihi roji'un.. (2 Mei 2012)


43. Sediakan waktumu 10 menit untuk berfikir 10 bulan kedepan sebagai pertimbangan 10 tahun mendatang. Saatnya berfikir buat masa depan, jika kamu becermin terhadap kaca yang retak, maka wajahmu dicermin akan ikut retak.Begitu juga jika kamu berkiblat kepada manusia yang berfikir mundur secara lambat laun pemikiranmu mundur.so..renungkanlah (27 Mei 2012)


44. Sekolah NEGERIi lama-lama menjadi Sekolah NGERI ..

kalau pembodohan kontemporer sudah menyusup diantara sistem pendidikan Di Indonesia.(7 Juni 2012)


45. Terlalu murah harga dirimu ..kalau hidup cuma bisa memikirkan dirimu sendiri, (20 Juni 2012)


46. Ya..Allah

diriku sudah semakin jauh dari jalanmu, ilmuku tidak bertambah ..sementara umur ku terus berkurang.sungguh merugi diri ini..... (4 Juli 2012)


47. kamu bisa menghabiskan ribuan jam dalam setahun untuk mencari rezeki

memikirkan inovasi dan kreasi hidup ratusan menit dalam sebulan

lalu kenapa kamu bisa lupa berdzikir kepada zat yang memberimu waktu , rezeki dan akal walau hanya sepuluh menit sebelum tidurmu ? (5 September 2012)


48. Akan ku format memori fikiranmu untuk melupakan pedihnya virus masa lalu ,dan aku instalkan sistem operasi cintaku agar bisa booting di hatimu. semoga tidak ada orang lain yang bisa meng crack perasaan itu. (gombal versi anak teknik informatika) (2 September 2012)

49. Bersyukurlah, tuhan masih menyediakan kita malam indah ini dengan gerimis-gerimis genit yang menggigit kulit. nikmati ketenangan harmoni yang di hibur oleh aransemen nyanyian katak-katak berdiri rapi. dirimu masih di kepul udara yang menusuk lembut indra penciummu secara bertubi.
tanpa kau sadari nun jauh diseberang sana bertumpuk anak-anak lapar menjerit, malam-malamnya dihiasi rudal prajurit.dan keharmonisan malam bagi mereka adalah merek mahal yang sudah tak dapat kau tebus dengan duit..
#fabi ayyi alaai rabbikuma tukadziban..?? (5 September 2012)


50. #AKU DAN TELUR AYAM JANTAN

Sewaktu aku kecil dulu , almh.ibuku pernah menyuruhku memakan sebutir telur bebek diatas pinggan. mendengar kata bebek terucap imajinasiku melayang kearah "comberan" dan sampah2 "nasi basi" yang dimamah para pasukan bebek dikampungku.karena rasa jijik buta, membuat ku enggan memakannya.esok hari ibu memasak telur bebek lagi ..
kali ini ibu berbohong , telur bebek yang di sajikan dikatakan telur ayam jantan.tanpa pikir panjang kumakan dan kurasakan rasanya begitu enak ,aku ketagihan .dan sering memint telur ayam jantan masakan ibuku. hingga beranjak besar aku baru sadar dan menyungging sebuah senyuman. bahwa ayam jantan tidak bisa bertelur dan ternyata itu telur bebek.Ibuku memang berbohong, tapi itu semua itu demi kesehatan dan kebaikanku.dan kusadari bahwa omak-omak kampung seperti ibuku lebih cerdas mengajakku makan dari pada banyak wanita karir jebolan magister atau doktoral yang butuh suntikan pihak ketiga untuk mendorong anaknya makan.
#Thank you mom, may allah give you the best place overthere..(5 September 2012)


51. Bangunlah para jiwa tertidur..

Jeritan ayam yang menggema di ujung batu adalah seni datangya pagi.Kita harus bergegas menghirup udara-udara suci yang menjadi kemewahan dan tak boleh kau lewati.lihatlah mentari yang mulai mengintipmu dibalik rumput-rumput tak berduri.


jalankan hidup ini diantara kaki bintang yang letih padam menutup malam-malam tersaji.bangunlah ..laksanakan apa yang menjadi firman tuhan untuk subuh pagi ini ,esok dan dan seterusnya.
#As-Sholatu Khoirum Minan Naum (6 September 2012)


52. Ketika Ideologi Salaf mulai dikucilkan , Ideologi Moderat lebih Di Agung-agungkan maka kaum liberal meloncat kegirangan dan mencakar-cakar tatanan yang sudah tersusun manis dalam kitab-kitab terdahulu. dasar liberalis "latteung" (7 september 2012)


53. Semua di mulai dari bicara...

Kata-kata Maaf Yang dianggap basa basi adalah simbol kesantunan

Kata-kata "Binatang" yang hanya perumpaan adalah simbol penghinaan

Kata-kata berbobot dan bekualitas adalah simbol tingginya intelektualitas dan pribadi yang berkelas


Tuhan sendiri membimbing kita melalui bicara yang digamblang dalam firman2nya.
Bicara adalah identitas ..bicara juga menjadi kasta dalam pergaulan.
lalu untuk apa membuang waktumu dengan bicara yang bersifat sampah dan merugikan orang lain..? saatnya kita memulai berbicara dengan baik (7 September 2012 )



54. #BERHALA BARU DI INTERNET

Di Kanada , terdapat beberapa kaum modern yang berfikiran lumayan sinting dengan menjadi kan google sebagai berhala dan tuhan. mereka mengajukan butir2 "nine proof" sebagai pembuktian bahwa sifat2 google nyaris mendekati tuhan.entah mereka hanya membuat lingkungan sensasional atau tanggapan rohani serius tapi yang jelas ini salah satu dampak internet yang mulai meracuni orang untuk mendeskripsikan tuhan lebih simple dan penuh logika.dan kedepan tidak menutup kemungkinan muncul aliran aneh karena situs internet termasuk facebook ini sendiri . secara "majasi" banyak diantara kita yang lebih mengutamakan browsing dari pada memenuhi panggilan allah. inflasi moral ini harus bisa kita atasi secara bijak. agar agama tidak dicemar B3 yang berwujud madu. (8 September 2012)




55. #Sejarah dan Masa Lalu

semasa SMA ku dulu aku berfikir kolot tentang pelajaran sejarah , betapa mubazirnya pelajaran ini kupikir, masa lalu kok diungkit-ungkit , Yang berlalu biarlah berlalu . Ternyata kebodohanku diatas langsung di cekal oleh pamanku yang dengan tegas mengatakan : "Tanda Orang Waras ya..bisa ingat masa lalu , gitu juga Indonesia ini, bangsa yang waras adalah bangsa yang ingat sejarah hidupnya" . Aku menggangguk dan mengerti kenapa harus belajar sejarah . Dan cara bijak menangani masa lalumu yang kelam tentu menjadikannya sebagai pelajaran bukan sebagai bahan yang dilupakan.Mungkin dengan masa lalu itu kamu mendapatkan pemecahan misteri masalah dimasa depanmu. So keep your spirit ..don't let your past time to disturbing your future, we can learn by experience. (2 Oktober 2012)



55. #Cinta dan Sebuah Landasan

Untuk Mencintai 'apa adanya' itu tidak semudah membicarakannya. Ada Nilai yang harus fahami,selami dan diikuti untuk mensucikan niat ini.Ketika fisik memudar,Harta Mulai Terbakar, dan Pangkat Sudah Tercemar maka diujilah ketulusan cinta itu. Oleh karena itulah tidak ada salahnya jika landasan cinta harus didasari dengan 'lilahi ta'ala' ,kalau landasannya adalah zat yang tidak pernah lenyap insya allah rasa cinta itu tidak akan terkontaminasi dari apapun yang pada hakekatnya adalah fatamorgana. Kalau saat ini landasan utama cinta kita adalah unsur 'duniawi' , tidak ada salahnya kita putar stir kekanan untuk bisa didasari pada landasan cinta yang 'ukhrawi' .(12 Oktober 2012)




56. Oh..Irama Padang pasir, lantunan mu syahdu, Ketukan Nadamu Merdu, Nasehat-nasehat bijakmu rindu. Kepopuleranmu Masa Lalu, Animo Mereka beku. Karena Boyband yang nomor satu.

(Merenungi Nasib musik irama padang pasir terancam punah di hati kaum remaja) (12 November 2012)


57. Engkau Terlihat Cantik dengan Jilbabmu , saudariku ....

Tak perlu dirimu takut kalau jilbab membuat wajahmu buruk rupa Paling tidak , Gantilah foto profilmu dengan tampilan yang lebih santun sebagai muslimah. Tunjukan identitas agamamu, jangan terlalu bangga akan rambut indah teruraimu yang leluasa dipandang publik , tapi banggalah kalau dirimu telah menjalankan apa yang menjadi kewajiban dari tuhanmu. ( special for muslimah ) (19 November 2012)

58. Kawan...dengar dan renungkanlah.... bahwa siapapun yang hidup di dunia ini pasti akan mati, dan yang mati pasti akan berlalu, dia tidak akan dapat kembali kedunia, jadi jangan terlalu meratapi kepergiannya hingga kau lupa apa yang menjadi kewajibanmu didunia. (1 Desember 2012)

59. Ulama akan muncul sebagai ikon yang terlahir tanpa pilkada,politik dan juga hasutan pihak yang memiliki kepentingan Pribadi. Mereka juga akan selalu terlahir karena panutan,ikon dan kharismatik publik. Berkurangnya ulama Kharismatik , berkurang pula panutan dan ilmu agama ummat. Nauzubillah...( 11 Desember 2012)

60. Jauh x memang anak remaja mesjid sekarang dengan yang aktif beberapa dekade lalu. Semua itu terjadi karena mereka meninggalkan qur'an dan menjadikan masjid sebagai tempat formalitas ibadahasaja , bukan pusat kegiatan para remaja.( 15 Desember 2012)

61. Miris sekali kalau masih ada masyarakat menganggap pesantren sebagai pendidikan lapis kedua , ladang teroris atau penitipan anak bawang . Padahal kita lihat dari kacamata sejarah pesantren adalah lembaga pendidikan tertua di Indonesia yang menghasilkan ulama-ulama handal, muslim-muslim tangguh yang ikut berdiri menyerukan kemerdekaan untuk Republik Indonesia. Dan di era modern , tidak sedikit kita jumpai para tokoh-tokoh masyarakat yang lahir dari rahim pesantren .

Maka kalau masih ada yang berasumsi seperti diatas, perlu ditinjau ulang kembali opini "kolot" tersebut. ( 20 Desember 2012)


62. Orang yang beriman akan selalu tampak baik dari segala sisi dan tindakan yang ia kemukakan,

Rasulullah SAW bersabda : "Sungguh menakjubkan perkara orang yang beriman, karena segala perkaranya adalah baik. Dan ini tak terjadi kecuali bagi seorang mu'min

Jika ia mendapatkan kenikmatan, ia bersyukur maka hal itu baik baginya.

Dan jika ia tertimpa musibah atau kesulitan, ia bersabar maka hal itu baik baginya."


(HR. Muslim)( 7 januari 2013)


63. #ARTI SUKSES BAGIKU

Sebuah Program ( software ) yang telah dibuat oleh seorang programmer baru bisa dikatakan berjalan dengan baik ( sucessfull) apa bila ketika di jalankan akan bekerja sesuai dengan keinginan. Karena tidak semua program itu mampu berjalan namun sesuai dengan keinginan programmer , ada yang looping, bocor security hole, missing item dsb.
Bagiku sukses bukanlah hidup dengan harta melimpah , jabatan tertinggi atau di segani diseluruh dunia, sukses adalah tercapai nya keinginan yang paling kita Idamkan , cita-cita terbesar kita dan selama ini menjadi impian yang kita harapkan. Karena berapa banyak kita mengidamkan sebuah impian , namun harus kandas ditengah jalan karena gangguan-gangguan yang salah alamat. So..
sucess is reaching your dream.....
reaching your aim ...
and reaching your bestlife.... (26 Januari 2013)



64. #POSITIVE THINKING...

Mr X : Gimana menurut lo..PKS , Presidennya Aja..Kayak gitu apalagi kadernya , cuma jadikan agama sebagai topeng.

ME : "lu bisanya cuma kritik doang , memang apa yang udah lu perbuat di masyarakat . Jangan memandang satu hal negatif yang menjadikan semuanya lu benci . coba lu lihat kader2 pks dibawahnya berapa banyak kegiatan kemasyarakatan yang sudah dilakukan para kader dibawah. Pengajian, Pembinaan Pemuda , Gotong Royong, . jangan negatif nya doang lu liat.
kalau presidennya bermasalah , emang semua rakyatnya sudah pasti penghuni neraka semua ?" (17 Februari 2013)


65. Pesantren Salafiah is no longer a most important Place as i Found in 3- 4 decades ago. and neither favourite place for governor's son or highclass civilian. Because a lot of Society have been addicted for carring them children into a International grade school , for guaranting them children's future. Gosh...I just thinking "International Grade" just influencing for dignity , not a real education . (16 Februari 2013)



66. #Bom waktu
Perlahan..tapi pasti kita akan hancur sehancur-hancurnya. Ini adalah sebuah bom waktu, yang akan merobek seluruh kesenangan semu yang kita buat . Tidak perlu melempar nuklir untuk menghancurkan satu bangsa, tidak usah menebasi seluruh penduduk dengan pedang untuk merusak tanah air .
dan paling cara halus yang paling efektif untuk menjadikan bangsa itu seperti keledai , cukup mendoktrin para generasi muda menjadi pribadi yang "tidak tahu diri".
هلك امرء لا يعرف قدره..
(14 Maret 2013)


67. #SAYA BANGGA JADI ORANG MELAYU..

Asal usul bahasa Indonesia adalah Bahasa Melayu , Dan asal usul karakter melayu berasal dari bahasa Arab , . Maka ada namanya arab-melayu ( jawi) dan wajar saja sejak 1000 tahun melayu sudah lahir untuk etnik astronesia . Untuk menjaga tradisi awal tulisan-tulisan melayu ditulis bergaya arab , hingga abad ke 20 bahasa melayu mulai berkiblat kepada gaya latin ( rumi ) . Dan 2 karakter penjajah ( inggris dan belanda ) memisahkan 2 etnis besar melayu , indonesia dan malaysia. Sehingga wajar malaysia didominasi serapan inggris dan indonesia didominasi serapan belanda. Dan saat ini ada 45 aksen dan logat melayu yang di temukan di asia tenggara . dan itu didominasi oleh orang Indonesia . bahkan minangkabau pun masuk dalam etnis bahasa melayu. Banyak orang masih memandang sebelah mata terhadap sejarah melayu , coba pelototi sejarah berbagai kesultanan-kesultanan melayu membantu perjuangan bangsa ini . Sultan Siak, Deli, dan sebagainya . di Medan , Melayu adalah bagian dari kerangka sejarah dengan kekuasaan kesultanan deli , sekarang ..sistem melayu sudah pudar , keturunan para sultan sudah mulai menghilang. Namun jangan sampai budaya melayu pun hilang ditelan zaman. Mari kita jaga budaya ini dan SAYA BANGGA MENJADI PUTERA MELAYU. (17 Maret 2013)


68. #ANTARA KITA DAN BELANDA

Kata serapan Bahasa Asing terbanyak dalam KBBI adalah bahasa Belanda , total ada 3280 kata. Sadar atau tidak, kosakata belanda telah menyelip diantara gossip ibu-ibu , materi di sekolah , Pebualan opung-opung di lapo tuak . Soal ibu kota . Belanda dan Indonesia sama-sama memilki pusat pemerintahan yang sebagian wilayahnya berada dibawah permukaan laut , bedanya amsterdam dengan banjir itu peristiwa langka , jakarta tanpa banjir adalah wacana.

Soal hukum belanda cukup di acungkan jempol, maka Pantas PBB meletak pengadilan dunia ada di Den Haag Belanda, sementara Indonesia lebih banyak pengadilan yang sedikit licin bagi terdakwa , sehingga dengan sedikit krocek ia bisa terpleset ke rumah dari pada kepenjara.

Entah dari logika mana , banyak orang menyalahkan cara menjajah belanda yang menjadi dasar kebobrokan negara ini. Dan lebih parah , 2012 lalu kita telah mengimpor 3 ton bawang dari belanda, dan 43 ton bawang dari prancis. Catatan memalukan bagi negara produksi bawang seperti indonesia.

dimasa lalu mungkin kita sudah dijajah oleh belanda , namun kebobrokan suatu bangsa itu ada di tangan bangsa itu sendiri , bukan masa lalu mereka. yOUR FUTURE IS BEGINING TODAY , NOT ANCIENT TIME. (17 Maret 2013)


69. #MANGROVE

Christiano Ronaldo telah menjadi duta mangrove Indonesia 2013 di bali , namun siapa sangka semua itu berawal dari Tsunami di Aceh, yang hatinya tergerak setelah melihat anak kecil terkatung-katung memakai baju negaranya. Peristiwa itu hampir 9 tahun berlalu dan menyisakan pilu bagi keluarga yang berduka . Namun tidak hanya luka-luka batin pada korban saja yang harus kita ubah , luka pada alam harus kita benahi , salah satu penghijauan yang sedang digalakkan adalah bakau ( mangrove ) , mangrove tidak hanya sebuah pohon bisu , ia juga membantu pelestarian alam tepi pantai dan laut tempat berteduh bagi satwa penunggu muara dan pantai , filter alami dari polusi , dan penopang kuat dari erosi . namun di tahun 2012 , terdata 1,8 juta hektar mangrove rusak , dan jangan sampai ada tsunami kedua yang baru menyadarkan kita pentingnya ekosistem pantai save the mangrove ..save the coast...save the earth (17 Maret 2013)



70. Dari RUU perempuan dilarang "ngangkang" di sepeda motor , PNS tak boleh poligami , muncul pula rancangan undang-undang persantetan . Dukun santet bakalan di minimalisir pergerakannya , tak lama lagi undang-undang 'supranatural" akan menggigit pergerakan para dukun yang terbukti menyantet orang lain. Untuk itu dibutuhkan aparat "supranatural" dan menteri "supranatural" untuk mengambil barang bukti secara ghaib. Kongkalikong politik... ( 18 Maret 2013)


71. #Membeli seboeah kerindoean

Akoe tak pernah menginginkan kerindoean ini, namoen ia datang tak dioendang dan hadir tak koeinginkan. Akoe tidak pantas merindoekan ini oentoekndja, tapi hati tetap berkata lain.


Bahwa kerindoean akan perdjoeangan bangsa bangsa telah sirna dan di djoeal oleh angin jang fana . Kalaoe akoe mampoe membeli kerindoean oentoek mengembalikan semangat perdjoeangan , soedah koebeli rindoe ini .
Sekarang , politik handja mendjadi alat oentoek memoeaskan sdjahwat doenia para kolega pengintdjar tahta djabatan. Soekarno kedoea semakin langka koetemoekan. Achir kata Handja fotondja jang hadir di setiap watdjana oepatdjara bendera. (17 Maret 2013)



70.Sebelum membantai kaum Yahudi hitler sempat berorasi kecil didepan para pengawalnya :


“Ich konnte all die Juden in dieser Welt zu zerstoren, aber ich lasse ein wenig drehte-on, so knnen sie herausfinden, warum ich sie getotet"


(“Bisa saja saya musnahkan semua Yahudi di dunia ini, tapi saya sisakan sedikit yang hidup, agar kamu nantinya dapat mengetahui mengapa saya membunuh mereka.”)


analisis tajam Hitler sedikit membuka tabir masa depan..dan sebuah jawaban besar kenapa Hitler membantai begitu banyak Yahudi. (8 Oktober 2013)


71. setiap orang punya sudut pandang berbeda.....
Dan kita dituntut untuk menempatkan perbedaan itu dengan baik.
Jika Gara-gara nila setitik rusak susu sebelanga, maka berbeda dengan permata
mau tanah setitik atau sebesar bukit pun menutupinya tidak akan rusak nilainya. (22 Mei 2013)


72. sebuah Pesantren itu menjadi besar
bukan karena para gurunya yang memiliki otak jenius semua
bukan karena fasilitasnya yang super lengkap dan canggih
bukan karena uangnya melimpah ruah.
tapi karena didalamnya masih banyak orang-orang yang ikhlas,dan terus berjuang menyumbangkan waktu, pikiran dan tenaga untuk kepentingan pesantren dan ummat (16 Juni 2013)


73. Untuk mereka yang telah pergi , hanya goresan doa yang aku berikan. Mengingat garis-garis cinta yang telah kau basuh dalam sendi-sendi hidupku.
Biarkan memori ini tetap terjepit dalam hati yang lapang.
Ramadhan ini menjadi pemisah antara wajahmu dan wajahku . Selamat jalan para kerabat, yang ramadhan ini tak lagi mampu bersama. Izinkan kusambut ramadhan damai ini Tanpamu. (9 Juli 2013)




74.# Mental Petasan
Aku Heran, Jalanan Kota ini sesak dipenuhi muda-mudi yang sibuk menyambut hadirnya bulan syawal. Yang aku tahu, tidak ada esensi religius yang mereka tonjolkan. semakin membuat keributan, rasa bangga pun menjadi stigma baru dimalam kemenangan . Baru saja aku lihat ditelevisi , seorang bayi terbakar karena menjadi korban letupan petasan. ah.apa beda kalian dengan pembuat onar di Timur tengah yang terus mengancam dengan letupan bom dan roket yang siap menjadi " threat" orang sekitar ?
masih layak kah mental petasan terus di kembang biakan pada generasi muda?
tafakkaru ya ulil abshar... (10 Agustus 2013)


75. # Tarzan-tarzan di Kotaku
Sewaktu kecil, saat aku masih ingusan dan masih segar dalam ingatan secara tidak sengaja aku didoktrin tentang kisah manusia yang tidak memakai celana dalam , hanya lilitan - lilitan kayu dan daun menutupi sedikit kulit yang sudah kebal dari gangguan alam. Manusia ini disebut Tarzan, sekilas ia adalah manusia murni yang mentalnya sudah termumufikasi dengan para hewan hutan, fiktif memang ..namun penampilan manusia-manusia ini menjadi ikon beberapa suku penduduk kelas dalam . yang terisolir dari aroma kota dan modernitas.
Beberapa waktu lalu , aku melintas kota medan dan melihat para manusia yang jiwanya tak jauh berbeda dari tarzan, mereka lebih senang memakai celana robek, dan terkadang terlepas dan telanjang disekitar jalanan . Wal hasil anak-anak turut melihat secara spontan dan sebagian mereka jijik dan geli atas prilaku para tarzan ini .
tarzan-tarzan ini kehilangan aura dan naluri alamiahnya sebagai manusia. Mereka terjebak dalam pemikiran yang underdog dan tak mungkin lagi kita luruskan.
Sebagian mereka lari dari RSJ atau sudah tak mampu lagi diurus keluarga dan dinas yang berbau sosial. Wajah kota pun sedikit tercoreng ketika ia lewat sambil tertawa dan hidup tanpa malu dan beban.Dan semakin hari , semakin bertambah saja jumlah para tarzan ini . Pada beberapa negara mereka disuntik mati karena meresahkan masyarakat , bagaimana dengan kita ? (10 Agustus 2013)




76. jauh sebelum peradaban modern, Mesir adalah wilayah dengan peradaban tinggi diikuti kekuatan negara yang kuat dan multidimensi. Dari Ilmu pasti, mesir memegang peranan penting cikal bakal dan inspirasi para ilmuan dari berbagai disiplin ilmu. Mereka memiliki skema tulisan hiegeorlif kuno nan unik, fir'aun - firau'n tangguh dan kekuasaan wilayah yang menonjol. Namun sayang , sebelum kedatangan musa , kerajaan mesir kuno hanya berisi makhluk berdaging yang tidak kenal siapa tuhannya . Untuk itulah , sebagai sample budaya dan ibrah bagi manusia kitab - kitab agama samawi memasukkan cerita fir'aun sebagai bumbu history bagi umat manusia.
Saat ini, kejadian yang didapat tidak jauh berbeda dari yang pernah kita dengar dan cermati, mereka tidak jauh beda dengan fir'aun dan tega membantai rakyatnya sendiri .
Filosofi faham demokrasi mulai dicabangkan kepada pemikiran yang tidak sehat, pluralis dan liberalis berlebihan. yang malah melenceng dari sistem demokrasi yang seharusnya diterapkan. hingga pihak ketiga pun demokratis campur tangan dalam urusan kedaulatan. Semoga Allah menolong mereka yang teguh pada jalannya. ( 16 Agustus 2013)


75. Naga Bonar adalah nama fiktif yang di sematkan oleh asrul sani pada filmnya tahun 80-an . walaupun cerita ini fiktif, namun kabarnya ia terinspirasi oleh salah seorang tokoh gerilyawan masa perjuangan kemerdekaan bernama bahar mataliu , yang berasal dari lubuk Pakam, Deli Serdang.
dan jika kita kembali pada masa sejarah , memang banyak pasukan-pasukan pejuang yang terbentuk secara mandiri , karena TNI belum berdiri resmi dengan sistem kesatuan pangkat seperti saat ini. sehingga kolonel ada dimana2 dan jendral-jendral kecil mulai terpilih.
kisah ini sungguh menarik, dimana seorang pencopet dan buta huruf tersentuh untuk maju kemedan perang memperjuangkan Tanah air Indonesia , untuk mengusir pasukan penjajah. tidak peduli ia memiliki latar belakang militer atau bukan,
saat ini , kita memang hidup di era modern, yang sudah jauh dari penjajah2 masa lalu. Namun , ada penjajahan yang harus kita hadapi saat ini , yaitu penjajahan karakter dan moralitas anak bangsa, para putra pertiwi didoktrin secara alami dari berbagai media untuk lupa atau pura-pura lupa terhadap budaya yang mencerminkan nasionalisme kita. Ketika kita lebih cinta terhadap budaya asing daripada budaya kita sendiri, atau ketika kita lebih asyik memakan korupsi uang tanah air dari pada memberi sumbangsih. Percayalah..Harus ada revisi kembali pada pembelajaran PKN yang diberikan dari SD hingga perguruan. Tinggi. output nasionalisme hanya bullshit yang dikaderisasi di sekolah. Mari kita lepaskan ini semua, kita harus merdeka untuk selamanya. untuk itulah kita di jumpakan 17 Agustus setiap tahunnya. Merdeka Anak Bangsa....Merdeka Indonesia.... (16 Agustus 2013)


76. Ketika kita di beri pilihan untuk menziarahi makam seseorang. Secara naluri kita akan mengutamakan makam si almarhum yang telah kita kenal sedikit banyak kisah-kisahnya semasa hidup di Dunia. Baik itu keluarga , sahabat atau tokoh-tokoh kharismatik yang kita kagumi. walaupun disisi lain terdapat makam begitu megah, kokoh atau Indah , tentu kita akan menjenguk makam yang kita kenal dari kisah hidup almarhum.
karena dari situlah kita bisa merenung jasa-jasa mereka kepada kita, hikmah kebaikan dan perbuatan mereka yang bisa kita petik dan tentu karena Kita kenal siapa dia semasa didunia, maka kita datang untuk lebih mengingat kematian. dan bertafakkur bahwa mereka juga pernah melakukan aktivitas yang biasa kita lakukan bersamanya.
Untuk mereka yang telah pergi...kita hanya bisa diam dan berdoa, mengingat memori-memori putih ketika Syawal tahun lalu kita masih bisa bersenda gurau , mengurat tawa dan bercengkrama dalam satu tatapan mata. namun kali ini kita sudah terpisah oleh dimensi didunia yang berbeda. Yang mungkin hanya Allah yan tahu dimana dinding pembatas diantara kita , Untuk mereka yang telah Pergi....Suatu saat kami akan menyusul kalian semua , ini sudah ketentuan ilahiyah, bahwa setiap makhluk hidup pasti akan mati..
ya..mati untuk meninggalkan jejak-jejak putih dihati sekitar kita. Semoga kita masih diberi kesempatan bertemu idul fitri ditahun depan. (3 September 2013)


77. Kamu boleh berhenti sekolah,
tapi jangan pernah kamu berhenti belajar dan berkarya .
Essensial terbaik dari nilai pendidikan bukan pada angka-angka satuan yang berderet diraport peserta didik. Namun terletak pada moralitas dan mentalitas pendidik . Kurikulum 2013 makin membuat anak2 didik kehilangan jati diri materi dan terombang ambing oleh proyek undang-undang pendidikan yang bergonta-ganti arah. guru-guru sudah terbius sertifikasi yang berujung kepada pengekangan moralitas untuk mengajar lebih ukhrawi. mau dibawa kemana pendidikan di Indonesia pak menteri? (3 September 2013)


78.when American says our Government being shutdown, Indonesian also says our lex only nonsense.
when American says our power company achieve improvement, Indonesian also says our Power company achieve die sense,


we do not lose a science but we less of conscience. (5 Oktober 2013)


79. Sebelum membantai kaum Yahudi hitler sempat berorasi kecil didepan para pengawalnya :


“Ich konnte all die Juden in dieser Welt zu zerstoren, aber ich lasse ein wenig drehte-on, so knnen sie herausfinden, warum ich sie getotet"


(“Bisa saja saya musnahkan semua Yahudi di dunia ini, tapi saya sisakan sedikit yang hidup, agar kamu nantinya dapat mengetahui mengapa saya membunuh mereka.”)


analisis tajam Hitler sedikit membuka tabir masa depan..dan sebuah jawaban besar kenapa Hitler membantai begitu banyak Yahudi. (8 Oktober 2013)


80. semua orang yang minum kopi belum tentu menikmatinya.
bagi yang paham seluk beluk pesona rasanya , kopi tidak hanya diteguk untuk penghapus dahaga , dan kalau anda bertanya sekali lagi tentang hakikat minum kopi. Di Jalan Wahid Hasyim no. 9 , lelaki bertopi di foto ini dengan ramah akan mencoba bercerita hingga membuat anda sedikit kebingungan bahwa kopi harus lebih panjang dibahas dari yang kita fikir , di antara rimbun pohon angsana, didepan kantor partai kuning beringin tk I sumut, kita bisa membongkar lebih dekat dunia kopi di coffee shop uniknya. Omerta Coffee..bukan warung kopi biasa
Monggo di coba (3 November 2013)


81. Aku terapung diantara belantara hidup
Mengais serpihan2 kompas nan kabur


Selendang tuhan kujemput dalam garis kotor
bersama huruf yang meloncat dari akal


sajak2 rumit kususun untuk menuang nadi yang luntur
kepada siapa aku kuasa mengadu ? (5 November 2013)




82. pada hari itu jiwa ini termangu...
terjebak dalam hulu rindu
bermuara pada ruang semu.
berputar pada jagad yang bergerak merdu..


sayang nian aduhai ...hati
semua kisahku hanyalah masa lalu
yang menjelma memutari gerak diri..
dan aku terus berdiri dungu


harapan..
kutunggu hadirmu bersama bening bintang.. (6 November 2013)



83. # PAK UCOK DAN SERTIFIKASI
Pak ucok adalah guru masa lalu kami, dengan sepeda bututnya ia mengayuh berat sepeda ontel yang lusuh sebelum tiba disekolah kecil kami. walau gaji pas-pas2an semangat mendidiknya patut dipuji. ia disiplin, openmind, energik dan yang pasti ikhlas mendidik. Dimasa lalu , guru-guru seperti pak Ucok tidak mengenal sertifikasi , rpp , prota ,prosem atau apalah atribut kontekstual yang dianggap profesional lainnya.
tapi ilmunya lebih meresap di hati, aku ingat cara ia membawakan sifat 20 dengan nyanyian kecil atau mengaji dengan metode yang ia gunakan turun-temurun. asik rasanya. Dimasyarakat pak ucok selalu ikut membantu kegiatan kampung, ia tekankan kepada kami agar tetap berpegang teguh kepada Agama melalui karakter yang ia lahirkan.
tahun 2013 , usia pak ucok sudah semakin uzur . Sekarang ia bingung, semua guru sudah di tekan oleh teknologi, mengetik ini , itu atau menyiapkan apalah yang lagi trendi. Jangankan mengetik , membuka komputer mungkin sudah alergi baginya. pelan tapi pasti ia mulai tersisih dari kompetisi pendidik nan professional. ditambah kurikulum 2013 semakin kabur tak jelas. wal hasil, ia tertinggal oleh guru-guru pengejar sertifikasi.
Namun satu catatan, walau tertinggal secara teori, tapi kami tetap menghormati beliau. wajah dia lebih kuingat dari guru sma ku dulu. itu karena kami belajar dari keteladanannya , bukan embel-embel sarjana atau profesionalitasnya. karena pendidikan terbaik ada pada keteladanan karakter, bukan profesionalitas semu.
bagaimana guru-guru sertifikasi , seberapa teladankah diri kalian mengabdikan ilmu ini ? (16 November 2013)


84. Saudara-saudara yang saya muliakan , ada sebuah gagasan unik yang di kucurkan oleh beberapa pemuda di sibolangit center . mereka bertekad untuk membuat sebuah gaya baru belajar Al-Qur'an , yaitu mengisi waktu libur dengan menyisipkan qur'an sebagai esensialnya tanpa memandang apapun profesi anda. mereka terdiri dari para hufaz , ustad juga orang-orang yang simpati terhadap kegiatan ini . Mereka menyebut kegiatan ini dengan "WISATA QUR'AN SIBOLANGIT" , jika anda ingin mengintip sedikit gebrakan mereka ,perkenankan saya mengarahkan anda ke www.wisataquransibolangit.com
agar kita bisa lebih mengenal bahwa sibolangit tidak hanya dipandang dari angle naturalis saja , namun agamis juga layak diprioritaskan. (25 November 2013)




85. Buat para tenaga pengajar kami yang sedang PLPG , mengejar insentif atau menuntut hak sebagai profesionalitas , ketahuilah ..bahwa kalian bukanlah seorang guru jika hanya berniat mengejar insentif semata kalian hanya seorang tenaga pengajar ,
karena hakekatnya guru sejati tidak mengutamakan gaji bulanan, bantuan pemerintah atau insentif lainnya , guru sejati tidak harus mengajar dikelas , mereka ada dimana2
dan terkadang mengajar kita tidak hanya dalam bentuk silabut atau kurikulum formal. Guru sejati adalah mereka yang tulus nan ikhlas memberi inspirasi kecil bernilai tinggi dan membuat mu jauh dari kebodohan.
SELAMAT HARI GURU 2013 (25 November 2013)




86. Baru hitungan minggu sultan brunei mengobarkan syariat Islam yang lebih tegas sebagai patokan undang-undang negara. Bangsa barat sudah mulai kepanasan dan menyerang argumen dengan embel-embel humanright, sampai kapanpun syariat Islam akan dianggap menyalah bagi mereka yang benci akan undang-undang yang berasas al-qur'an.
justru sistem yang mereka telurkan seperti keuangan, pendidikan dan gaya demokratis inilah yang melanggar humanright dengan analogi nyata seperti anjlok harga rupiah, pendidikan yang mati rasa dan korupsi yang lebih bebas berkeliaran. Sesungguhnya Allahlah yang lebih tahu apa yang layak buat hamba-hambanya. (4 Desember 2013)


87. Mereka tidak sadar bahwa setengah kepala mereka terpenggal oleh sorakan-sorakan sistem kapital yang sudah larut dalam amunisi kurikulum pendidikan.
Bahkan kenyataannya pondok pesantren yang tersangkut sistem, sudah banyak yang terapung dalam penipuan terbesar yang membodohi siswa dengan teknik - teknik paradoks yang sama sekali tidak menghasilkan output berkualitas. Wal hasil mereka lulus dengan penipuan-penipuan terselubung yang mengeras menjadi rahasia umum yang mampu kita saksikan melalui contoh penting pada ujian nasional. ternyata benar , sistem klasik lebih mendidik nurani daripada sekedar otak kiri. (8 Desember 2013)




88.REMEMBER
You're BORN Alone,You will DIE Alone,In the GRAVE Alone
And you will get JUDGED Alone.........


So..Don't miss your Maghrib prayer ..my friends , life is short. (8 Desember 2013)




89. ‪#‎Mahfuzot‬
11 Tahun yang lalu, disebuah sudut kelas berukuran 8 x 6 , santri-santri baru sedang markombur satu sama lain, bel telah berbunyi ..apel pagi telah selesai, mentari mulai tersenyum di 45 derajat garis cakrawala, masuklah seorang lelaki berpeci, berbadan gemuk dan membawa lapisan-lapisan buku yang bersilang rapi dengan cepat ia mengucap salam . tiba -tiba , ia terdiam..menatap kami dengan tajam..dan tersenyum tipis sambil berteriak ...
"MAAAZA DARSUNAL ANA" ....


mendengar kalimat lugasnya Kami pun menjawab sesuai prosedur


"DARSUUNAL AAAANA AL-MAHFUUUZOOOT"


rindu mengupas masa lalu, mahfuzot sudah tak tersentuh lagi . Untuk sedikit bernostalgia dengan materi Ust. Rusli (Guruku Mahfuzotku dulu ) , kubagikan mahfuzot-mahfuzot itu dalam bentuk digital yang bisa kalian kaji lagi .
silahkan di download.... (11 Januari 2014)


89. # Sajak Untuk Petani.
Engkau berjalan mencium angin , meninggalkan kalimat-kalimat bijak di ujung nestapa. Hidup tertambat pada awan putih, yang tak mungkin kau negosiasikan bersama tuhan. Bibirmu menghitam disudut mahoni rindang mencari seteguk hidangan untuk mereka yang menunggu dibalik tirai bambu. tanah sahabatmu, tumbuhan hasratmu. biar mereka menghina kerdil dibalik karpet merah , tapi yakinlah sesungguhnya engkaulah rakyat Indonesia sejati. ( 14 Januari 2014)




90. Kita adalah Editor Bagi Diri Sendiri ..
Orang lain hanya bisa mereview , bukan mengaudit mindsetmu..
kamulah yang mengkorespondesikan ulasan mereka , dan memutuskan apakah itu layak untuk dimuat dalam goresan hidupmu.. (26 Januari 2014)




91. Maafkan aku teman,
Aku terlalu banyak menasehatimu dan melupakan satu poin penting , bahwa sebagus apapun nasehat akan menjadi cemoohan kalau tak mampu menasehati diri sendiri . Sebaik-baik nasehat adalah menasihati diri sendiri, sehingga lisan, sikap dan hati kita menyatu.


‪#‎Mulai‬ dari menasehati diri diri sendiri (27 januuari 2014)


92.Barisan -barisan Petromak itu telah diganti neon-neon yang menyala , Jeritan-jeritan penuntut ilmu sudah terkikis oleh transistor-transitor berisi dendang semu. Pribadi-pribadi wara' mulai menghilang pada putaran rembulan panjang. Qur'an yang setia disandang telah berubah menjadi pixel-pixel layar yang bermata satu. Semua berubah layu , meloncat meninggalkan teori-teori masa lalu.




93. # Waria Pasar Baru
Wajahmu cantik, tinggi rupawan. Bersolek dari ujung rambut hingga ujung jalan. Kau bekerja keras dalam umur mudamu, menantang hidup sambil berkomplotan . Sayang, jiwamu hinggap ditubuh yang salah. Setiap malam engkau melawan kodrat di km. 17 , sebuah pinggir jalan bersisik yang hitam di pasar baru. Sepintas aktivitasmu hina nan menjijikkan , tapi puan, Jangan pernah kau salahkan tuhan, karena jati dirimu masih mungkin berganti haluan. Pergilah kau kepada asas-asas agama , mencari tuhan disisa-sisa kekuatan.
karena disanalah wahana damai yang siap menantimu. ( 30 Januari 2014)




94. Becak berasal dari bahasa Hokkien (China Medan) Bhe Chia yang berarti kereta kuda. asal usul becak pertama sekali berasal dari jepang pada tahun 1896, ketika itu seorang American yang tinggal diJepang mencari cara agar istrinya yang cacat bisa berjalan2 melihat kota yokohama. kemudian dia mengirim kepada sahabatnya rancangan kendaraan becak pertama , dan diluar dugaan rancangan ini malah membuat bangsawan jepang tertarik menjadikan transportasi baru yang awalnya ditarik oleh manusia. Model kendaraan ini ditiru oleh tiongkok , india dan Asia Tenggara antara tahun 1930 hingga 1940-an. Saat itu rancangan sudah berubah Dengan model tiga roda dan sudah dikayuh manusia. Hingga saat ini becak sudah berkembang dengan mesin bermotor.
Di Sumut, tepatnya kota Pematang siantar terdapat model Becak Motor yang berbeda . Becak ini banyak ditarik mesin2 tua motor kuno dengan kekuatan 350-500 cc. Merek2 motor sekelas BSA, BMW, Norton , Triumph menghiasi kota ini. Walau spare part motor ini sudah tidak ada yang menjual lagi , namun becak ini masih bertahan hingga saat ini. Dan saya rasa kita bangga memiliki keunikan seperti ini yang tidak kita temukan didaerah lain.


Spirit For Abang Becak. (5 Maret 2014)






95. eksekuTHIEF, legislaTHIEF dan yudikaTHIEF ( 24 maret 2014)




96. # Iklan Rokok dan gambar bullshit..


Suatu hari saya melihat baleho di sudut persimpangan jalan, disitu terpampang tulisan yang dibalut kerangka besi berukuran 10x8 Meter. diantar a bingkai yang dikelola advertiser terlihat iklan rokok yang kreatif dan unik, dibawahnya terukir tulisan khusus "merokok membunuhmu dan garis bulat 18+ .


disamping kiri bawah iklan terdapat sebuah gambar kecil, Kuperhatikan gambar ini seksama , alamak ..gambar ini membuat ku geli .gambar ini berisi seorang pria paruh baya dengan santai merokok dikelilingi tengkorak , gambar rokok ini tak disensor seperti di TV-TV, dan kelihatan sikawan yang menjadi model ini terlihat sehat-sehat saja ketika merokok. Aku lebih menafsirkannya sebagai gaya kanibal atau dukun dari pada korban perokok.


Usut lebih dalam ternyata itu gambar hasil copy-paste iklan rokok milik thailand, ah..dari ribuan model iklan di Indonesia apa tidak ada yang mau terpampang sambil merokok, saya rasa itu lebih mulia dari pada jadi model bengenre panas.. ?


Mungkin ini usaha yang bagus untuk mengingatkan kaum yang belum merokok, tapi tidak lebih baik jika gambar itu dibuat lebih real dan berbobot ?
maksudku begini , kalau memang merokok menyebabkan kanker ..tunjukkan gambar kanker dibungkus rokok tersebut , begitu juga dengan penyakit yang lain.. , anda anggap pendapat ini omong kosong ..coba perhatikan negara lain yang menggalakkan anti rokok dengan cover yang sedikit dipoles dengan gambar "sadis"..
lihat gambar dibawah ini... (24 maret 2014)




97. # Pemimpin Danga-danga


Tuan , ini zaman Democrazy..
Dimana pemimpin menjilati diri sendiri
Membasuhmu dengan janji-janji
kemudian meludahimu dengan orasi..


Tuan, ini bukan kisah khalifah umar,
yang berkuasa menjadi paling sengsara
atau juga kisah para tabi'in
ketika umaro merangkup jadi ulama..


Ini adalah kisah ranjang politik
berisi orang cerdik hingga manusia licik
mengejar puing-puing simpatik
berebut kursi menyodorkan diri..


Tuan aku malu melihatmu..
yang berjiwa teguh dengan topi kerucut
memandang hidup dengan hati bersih
mendidik manusia dengan langkah suci..


Tuan...doakan negeri ini....
agar dijauhi dari pemimpin danga danga
yang menggerogoti semangatmu
dan mengibarkan kebencian kepadamu..


karena aku yakin..
engkau tuan..lebih layak memimpin hati kami. (29 Maret 2014)




98. jika ada orang mulai takut menanam pohon hanya karena alasan sampah , maka orang yang mengatakan itu yang layak dikatakan sampah.
ingatlah tuan dan puan sekalian bahwa :
- Pohon berkontribusi sebagai bahan baku bangunan, media cetak dan lebih dari 15.000 produk lainnya
- Tiga pohon ditanam disekitar bangunan dapat menghemat biaya AC sampai 50 Persen
- Dengan penanaman 20 jt pohon akan tersedia 260 jt ton lebih oksigen bagi penduduk bumi. dan menghapus 10 juta ton C02
- Pohon dpat diperbaharui, terurai n didaur ulang. Kayu bs diolah lbh lanjut menjadi vitamin, plastik, fotograpi ,odol n obat
- Dalam satu masa hidupnya , pohon bisa menyerap 1 ton karbon dioksida


dan yang terakhir. Setiap agama dan kepercayaan yang ada , juga mengajarkan ummatnya untuk "think green" ( 8 April 2014)

99. ‪#‎Suku‬ Kerdil Sulawesi
Di Pedalaman ponre, Sulawesi Selatan . terdapat sebuah fenomena simpang siur. Sebuah suku bernama "oni" masih tersebar beberapa titik hutan diponre. Suku ini berbadan kerdil dan primitif. menurut beberapa saksi mereka menutup kehidupan dengan dunia luar. mereka tinggal digua-gua yang sulit ditemukan. Walaupun masih bergenre primitif mereka memiliki furniture dan perabot yang mewah, bahkan beberapa barang berlapis emas. Tidak sembarang orang yang bisa mengunjungi tempat ini ,menurut penduduk sekitar hanya yang berhati bersihlah yang bisa menemui mereka. (10 April 2014)


100 . ‪#‎KULINER_SUMUT‬
Di itali punya spageti di Sumut Punya Mi Gomak
Di Jepang punya sushi di sumut punya Nani Ura
Di Amrik punya kue pie di sumut punya Bika Ambon
di prancis punya barqette di sumut punya roti ganda
di Jerman punya wine dari anggur di sumut punya tuak batak dari nira
di China punya bakmi daging di sumut punya soto medan
di India punya paneer di sumut punya bubur pedas
di Arab punya asida di sumut punya dodol tapsel..


kurang nikmat apa lagi kuliner sumut ini ? (21 April 2014)































































































Share this article :

1 comment:

  1. Halo, Saya Irham dari Greenpack. Untuk Anda yang pengusaha bakmie, saya ingin menawarkan Dus Makanan food grade yang sudah terbukti akan kualitasnya.

    ReplyDelete

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Catatan Karim - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template