Headlines News :
Home » » 10 Objek Wisata Kota Berastagi yang Wajib Anda Kunjungi

10 Objek Wisata Kota Berastagi yang Wajib Anda Kunjungi

Written By abdul karim on Monday, 24 March 2014 | 20:46


Tugu Kota Berastagi
Tugu Berastagi 


10 tempat wisata Berastagi yang wajib anda Kunjungi - Kalau di Jakarta orang-orang sering berlibur ke puncak Bogor, Maka untuk yang di Medan orang-orang sering mengunjungi berastagi sebagai wisata ke Pegunungan. Ada banyak atraksi alam yang bisa kita saksikan dibumi Karo ini. Berastagi berjarak 60 60 Km. dari Kota Medan, ditempuh sekitar 2 jam perjalanan. Dimulai dari perjalanan yang berliku2 , hutan pinus yang Indah hingga Hewan-hewan hutan yang banyak berkeliaran disini . Apa saja yang bisa anda kunjungi di Berastagi , Berikut sepuluh tempat yang bisa anda kunjungi DiBerastagi dan sekitarnya :

1. Makan Jagung Bakar di Penatapan


Menikmati Jagung di Penatapan

Dalam bahasa Karo , Arti dari  Penatapan adalah tempat untuk menatap-natap. Sebuah lokasi dengan dengan deretan warung dengan jagung bakar atau rebus sebagai ciri khasnya.  terletak didesa Douluh berjarak 8 Km. Dari Jantung Kota Berastagi. Saat kita berangkat dari Medan , kita akan menemukan penatapan beberapa saat setelah melewati gapura selamat datang di Kota Karo.

Pemandangan Sibolangit Dari Penatapan
Pemandangan Kota Sibolangit Dari Penatapan

Dari Penatapan kita juga bisa melihat pemandangan dari atas kota Bandar Baru , Sibolangit disini. Jika cuaca cerah , kita juga bisa melihat kota Medan dari penatapan ini . Jika beruntung, kita menemukan gibbon ( sejenis kera) yang berlalu lalang disekitar penatapan . Dari sinilah kita bisa melihat hijaunya bukit barisan dan kota dibawah seperti kunang-kunang dimalam harinya. Warung-warung ini buka  24 jam dan berderet lebih dari 1 Km. 



2. Trekking menuju Air Terjun Sikulikap



Air Terjun Sikulikap
Air Terjun Sikullikap


Tepat setelah gerbang selamat datang di Kabupaten Karo kita menemukan gapura disebelah kiri jalan dengan tulisan objek wisata air terjun Sikulikap, letaknya persis sebelum warung penatapan yang pertama. Dari sini kita akan menuruni anak-anak tangga , trekking menuju hutan selama 15 - 20 Menit . Dan akhirnya kita bisa menemukkan air terjun Sikulikap.

Trekking Menuju Sikulikap
Trekking Menuju Air Terjun Sikulikap


Disini kita bisa menemukan air Terjun setinggi 30 meter dan juga tebing-tebing yang cocok untuk olahraga climibing (panjat tebing ) , dari bawah air terjun kita melihat persis warung-warung penatapan yang bertengger diatasnya. Tidak terlalu sulit menemukan air terjun ini dan jalannya pun masih bagus. 




3. Pemandian Air Panas Lau Sidebuk-debuk dan Gunung Sibayak



Air panas lau sidebuk-debu
Berendam diair Panas Belerang


Kurang dari 3 Menit setelah Penatapan , kita akan menemukan simpang Lau Sidebuk Debuk diDesa Douluh  dan kita langsung berbelok kanan, kita akan meneju ke lokasi pemandian air panas Belerang di Sekitar desa Raja Berneh dan Semangat Gunung.

Pemandian Lau Sidebuk-debuk
Pemandian air panas belerang lau sidebuk-debuk

Ada banyak kolam pemandian air panas belerang disini , tarif masuknya bervariasi antara 3000 - 10.000 , selain itu jalur ini juga menjadi salah satu jalur pendakian menuju gunung sibayak yang bisa ditempuh selama 2 - 4 Jam dengan berjalan kaki.

Hiking ke Gunung Sibayak Berastagi
Hiking ke Gunung Sibayak, Berastagi

 Selain sebagai penyegaran badan , mandi air panas belerang juga dipercayai bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit.




4. Wisata Taman Alam Lumbini 


Pagoda Emas Berastagi
Taman Alam Lumbini


Saat memasuki gapura berastagi kita akan menemukan simpang dengan tugu yang memiliki patung jeruk diatasnya. Tempat ini bernama desa Tongkoh, dan kita bisa berbelok ke kiri hingga 600 Meter kedalam , kita akan menemukan Pagoda dan Stupa Umat Budha tertinggi di Indonesia. Pagoda ini merupakan replika Pagoda Shwedagon di Mayanmar. Di Kelilingi taman-taman yang Indah , setiap orang bisa memasuki kawasan pagoda ini . Pagoda ini terlihat sangat indah dengan ornamen warna emasnya yang menawan 


5. Desa Kuno yang bernama Desa Lingga 

Desa Lingga
Salah Satu Rumah kuno di Desa Lingga

Desa ini terletak 15 Km. dari Berastagi , tepatnya di Kecamatan Simpang Empat. Berisi rumah - rumah bersejarah yang telah berusia lebih dari 250 Tahun. Juga terdapat museum lingga yang berisi peninggalan-peninggalan kerajaan Karo. Kota Berastagi didominasi oleh suku Karo dan memiliki kerajaan yang unik. Dari desa inilah kabarnya terbentuk wilayah Karo.




6. Funland Mickey Holiday 

Tyrex Mickey Holiday
Salah satu wahana permainan di Mickey Holiday



Nah , kalau kalian mau mencicipi permainan-permainan dan wahana modern layaknya Dunia Fantasi di Jakarta, silahkan datang ke Funland Mickey Holiday Terdapat 34 Wahana permainan yang ada disini .

Wahana Permainan Mickey Holiday
Mickey Holiday


Tiket masuk yang all in one, kita bisa masuk dan bermain di wahana sepuasnya. Disini banyak sekali atraksi dan games yang bisa kia mainkan seperti paint ball, shoot game, Rafling, Outbond Center dan sebagainya. 





7. Kebun Raya dan Holtikultura Tongkoh 


Kebun Strawberry di Desa Tongkoh
Memetik Strawberry di Desa Tongkoh


Desa Tongkoh, Berastagi  merupakan surganya para penikmat tanaman holtikultura. Disini banyak sekali penangkar tanaman hias yang siap kita bawa pulang sebagai oleh -oleh, dikanan kiri juga banyak kebun milik masyarakat yang bisa petik sendiri ditempat.

Tanaman Hias di Desa Tongkoh
Tanaman hias dan Holtikultura di Desa Tongkoh


Ada kebun Strawberry, Markisa Khas Berastagi dan Jeruk Berastagi yang langsung bisa kita petik di Kebun-kebun miliki masyakarat yang ada disekitar desa Tongkoh. Dengan latar belakang gunung sinabung, Berastagi semakin terlihat indah dengan warna - warni tanaman hias yang berjejer di Desa Tongkoh. Disini pula terdapat taman hutan raya Bukit Barisan yang terletak tepat disamping gapura selamat datang dikota Berastagi.


8. Piknik dan Bermain layangan di Bukit Kubu


Pemandangan Bukit Kubu
Bukit Kubu 

Setelah melewati desa Tongkoh kita akan menemukan bukit hijau nan permai yang disebut dengan bukit Kubu, bukit ini terhampar begitu indah dengan rumput yang hijau.

Bukit Kubu Berastagi
Piknik di Bukit Kubu


Disana terdapat rumah yang dibangun pada zaman Belanda dan menjadi persinggahan Presiden Soekarno saat di Berastagi. Masuk dibukit kubu kita akan diberi bonus sewa tikar atau layangan .

Bermain Layangan di Bukit Kubu
Bermain Layangan Di Bukit Kubu


Pinus-pinus yang berderet disini menjadikan tempat ini cocok untuk piknik keluarga. Saat musim kemarau angin banyak berhembus kencang, anak-anak dan orang dewasa sangat suka menikmatinya dengan bermain layangan disini. Kuda-kuda yang berjejer pun siap untuk kita naiki, juga ATV - ATV yang ada disewakan bagi para pengunjung. 




9. Melihat Panorama Kota di Bukit Gundaling 




Pemandangan Berastagi dari Bukit Gundaling
Kota Berastagi dari Bukit Gundaling


Bukit gundaling juga menjadi peristirahatan para pelancong, bukit hijau yang berhiaskan pinus ini terlihat indah dan menawan. Dari sini kita bisa berkeliling dengan kuda sendiri atau bersama Keluarga, Diatas bukit Kita bisa melihat panorama kota Berastagi dari ketinggian , disini juga bia kita jelas Gunung Sinabung dan Sibayak.

Bukit Gundaling
Bukit Gundaling



Di kaki bukit , terdapat banyak sekali bangunan - bangunan bersejarah peninggalan belanda yang ada disekitar bukit Gundaling. Kita bisa menikmati sunrise dari atas bukit. Hampir disepanjangan jalan, terdapat banyak tempat yangn menjual souvenir - souvenir yang menjual oleh-oleh dan cinderamata khas berastagi.


Kuda yang menjadi transportasi di Gundaling






10.Berbelanja Buah dan Sayur di Pasar Buah Berastagi


Pasar Buah Berastagi
Pasar Buah Berastagi


Pasar buah Berastagi merupakan pasar buah paling sibuk di Sumatera Utara, setiap hari ada saja pelancok dari berbagai daerah singgah disini , macam - macam buah segar bisa kalian temukan disekitar pasar buah ini . Disini juga terdapat banyak sayur-sayuran Segar yang terhampar dipasar buah Berastagi. Terletak tak jauh dari Pusat Kota kita akan menemukan pasar buah yang besar yang bisa kita pilih sesuka hati. 

Belanja Buah di Berastagi
Berbelanja buah di Berastagi

Itulah 10 Objek Wisata Kota Berastagi yang wajib anda kunjungi . Banyak sekali atraksi alam yang tersedia disini , dan let's visit our Berastagi kami..Majuah-juah....
Share this article :

6 comments:

  1. 1 lagi nih yg belum dijajal, naik sibayak :D. nice post.

    ReplyDelete
  2. Museum pusaka karo,rumah soekarno,taman mejuah juah,dan makan wajid peceren..

    ReplyDelete
  3. Naik sedikit lagi dri gundaling ke resort simalem. Wooo! Pemandangan nya keren, langsung danau toba dibawah

    ReplyDelete
  4. Besok kami sekeluarga dan friends akan ke berastagi berlibur. Tuhanlah yg membimbing slrh perjalanan kami mulai berangkat kunjungan liburan sampai pulang ke rumah kami masing2 dgn sehat dan penuh sukacita

    ReplyDelete
  5. Awalnya aq bgung mw ngapain ke berastagi,
    Tapi skrg aq mw lgsg terjun z deh ke tkp.
    Hahaha
    Ok thx a lot bwt rekomendasi nya :D

    ReplyDelete

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Catatan Karim - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template