Headlines News :
Home » » Orang Batak

Orang Batak

Written By abdul karim on Monday, 24 February 2014 | 17:34


Pemuda Batak yang sedah bertani


Tao Toba tidak pernah lepas dari senyuman-senyuman suku batak. Di atas liukan bukit-bukit yang menjulang harmoni diantara samosir.  aku menumpang mini bus L300 dari dermaga tigaras. Selama perjalanan aku benar-benar merasa sinting. Supir kami orang batak bermarga silalahi, kemampuan drivingnya patut diakui . Jalur cadas, jalan berlubang di desa  tigaras di hantam seperti turnamen relli offroad saja.  tak heran berulang kali aku berpacu dengan adrenalin, berdisko secara konstan dan terkadang terhibur oleh danau toba yang terpampang dari pandangan , indah seperti lukisan bernilai tinggi . berbicara urusan mengemudi , yang pernah kutahu, supir terbaik sering disandingkan dengan orang-orang batak. Mereka umumnya keras, bernyali dan lihat memainkan stir kemudi. Dari sini pulalah aku bisa langsung melihat warga batak tanpa batasan .

selama perjalanan horrible ini , aku tersanjung mendengar dendang -dendang batak bergaya klasik. iramanya cocok untuk perjalanan-perjalanan indah. aku teringat lagu please forgive me-Bryan Adam  yang seirama dengan Bunga ni holong yang diputar oleh supir kami. bukan orang batak namanya jika perjalanan kalian hampa dari musik2 keroncong klasik punggawa batak. Maklumlah, umumnya orang-orang batak sangat mencintai musik . mereka sering menghasilkan penyanyi-penyanyi berkelas. sebut sajalah Judika misalnya.

Masuk didaerah perkampungan , aku melihat orang-orang batak disana merokok sambil mengangkat bidak catur. Orang-orang batak juga dikenal hebat-hebat dalam bermain catur. Umumnya para pemuda dan orang tua suku batak sering berkumpul di tempat yang mereka sebut dengan lapo . Banyak dari mereka menghabiskan sisa-sisa waktu mereka dengan menggunjing pemerintahan, menikmati seteguk tuak ( minuman fermentasi pohon nira) atau berbicara masalah kehidupan pribadi. Hal ini membuat semangat sosial mereka terkenal begitu tinggi. Teman saya pernah membeli cabe disebuah pasar batak disekitar danau toba. Dan membawa pulang cabe itu secara cuma2 hanya karena satu marga.

Aku pernah mendengar  ibnu khaldun  mengatakan , jika engkau ingin mengetahui suatu kaum , maka datangilah pasarnya. Pasar bagi warga batak memiliki peran penting dalam mengisi waktu luang.  mereka hadir lebih pagi dari pasar pada umumnya, suara mereka keras dan lantang berjualan. inang-inang (ibu-ibu )  sudah duduk menjajakan hasil bumi sambil mengunyah sirih merah dimulutnya, katanya dengan mengunyah sirih membuat gigi mereka lebih kuat dan bersih. Warga batak terkenal para pekerja keras, memiliki semangat hidup tinggi , pemberani dan juga orator ulung. Suara mereka keras dan lantang, namun kekeluargaannya terkenal tinggi. Sistem tarombo memisahkan mereka pada marga-marga selalu melekat diakhir nama mereka. Hasil pertanian dan peternakan adalah ciri khas utama para warga batak.Kalau kalian pernah mendengar bawang batak , jamur ketawa , balakka itu adalah tanaman-tanaman yang ada di tanah batak.

Inang-Inang Batak Di pasar
(www.absolutegembel.com)

Filosofi hidup orang batak sangat unik, mereka rela hidup sederhana, makan apa adanya , banting tulang dari pagi hingga malam asalkan sang anak bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. banyak tokoh-tokoh yang lahir dari tanah batak. Politikus, akademis , jurnalis hingga pengusaha-pengusaha kelas berat yang lahir dari didikan filosofi orang - orang batak. Mereka terkenal tegas dan keras dalam berprinsip. Terkadang banyak yang terlalu berlebihan dengan mengatakan bahwa Darah batak sering dianalogikan dengan premanisme. padahal banyak orang batak sendiri yang amat religius terhadap agama yang dianutnya.

Jika kalian melihat cara hidup orang batak lebih jauh, maka menurutku kalian telah melihat kehidupan . Perjalananku melihat kehidupan mereka telah berakhir sore ini . Aku menemukan banyak perbedaan ras dan suku, yang sebenarnya membuat kita lebih bertafakkur. Bahwa perbedaan ini digunakan untuk saling mengenal dan memahami.
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Catatan Karim - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template