Headlines News :
Home » » 50 Kosa kata khas Anak Medan

50 Kosa kata khas Anak Medan

Written By abdul karim on Friday, 28 February 2014 | 22:58


Salah satu contoh pembicaraan khas Bahasa Medan


Medan benar-benar unik , dari segi wisata , budaya dan juga bahasa Medan punya segudang misteri yang masih banyak kita telusuri , termasuk salah satunya di kendala logat atau bahasanya yang berbeda dengan propinsi lain .berikut 50 kosa kata anak Medan  yang sering kita dengar . Dan tulisan ini dibuat hanya dimaksud untuk sebagai hiburan saja, bukan mengandung unsur SARA.



1. Palak = Marah , Kesal

Palak Kali aku liat muka mu bah..

2. Tumbuk = Tinju

Ku tumbukkan sekali baru tau rasa dia

3. Selo = Santai , Pelan

Selo ja , kalau ada aku amannya itu

4. Latiung = ekspresi memaki orang lain

Hei..Latteung, yang betul ajalah kalian ngerjainya

5. Maen = Berkelahi , Duel , adu jotos

Kalau kau ga senang maen kita diLapangan

6. Lae = panggilan bronya orang medan

Sikit dulu lae, mau duduk aku

7. Pasar = Jalan raya

Jangan suka main-main di pasar nak, banyak kereta

8. Kereta = Sepeda Motor

Minjem dulu kereta mu , lae

9. Motor = Mobil

Liat tu , motor tangki mau lewat

10. Pajak = Pasar

Kawani mamakmu kepajak dulu dek

11. apa cerita = sepadan dengan what’s going pada bahasa inggris

Udah lama ga nampak, apa cerita?

12. Pantai = semua yang ada airnya dan jadi tempat wisata ( sungai , danau , pesisir )

Woi jalan-jalan ke pantai sibiru-biru yuk (seharusnya sungai)

13. Ikan = lauk

Bang pesan ikan ayam bang ( emang ada ikan kayak ayam )

14. mentiko = berbuat kurang sopan , sok hebat , sepele

Mentiko kali kau lama –lama kutengok

15. Cengkal = meleceh, kurang menghargai orang lain

Cengkal kali anak-anak itu ya.

16. Tukang = Penjual Barang/Jasa

Coba ko belikan 1 bungkus sama tukang nasi goreng tuh

17. lanjut = silahkan

A : Makan bang ?

B : ok..ok..lanjut..bang

18. Markombur = cengkrama, kongkow, cerita-cerita

Enak nya markombur kita dulu di sana

19. Kede Sampah = Warung yang juga berisi jualan sayur

Belikan mamak daun prei di kede sampah tu

20. Hancur = jelek , kurang rapi

Hancur kali mukamu kuliat ( emang beras kencur..dihancurin? )

21. Jaklik = rokok

Cuy, Nge-Jaklik kita disudut sekolah dulu ..awas ketahuan guru ya

22. Engkol = Bahasa Sandinya Mancis

Minjem engkol mu dulu , cuy

23. Bereng= melihat dengan tajam

Ga senang kali sikawan tu bereng-berengi aku

24. ngelendot = mendekap erat, merapat ke tubuh atau kebenda

Macam anak-anak kau ngelendoti aku aja

25. sor = senang, puas

Ga so ko, ayok kita maen ke lapangan

26. Merengkel = sulit dinasehati

Merengkel kali anak ni dibilangi,

27. Alamak = Astaga

Alamak, mantap kali berita di posmetro medan tu bah

28. Bah =imbuhan yang menunjukkan Ekspresi kagum atau heran

Bah, melawan kau sama ku

29. Bengak = Bodoh

Cepat kau dekatin si kawan tu , biar dapat duit kau bengak

30. Pauk= Bodoh

Pauk kali kau pun makin lama kuliat

31 Bengal=Bandel

Udah kubilangin dia tadi mak, tapi masih bengal ja dia

32. Cekak = Sedikit, simple

Cekak kali penampilanmu kuliat

33. Balen= Minta/

Om..Balen uangnya om belum makan 1 hari

34. Limper=Lima Perak, ekspresi menunjukkan bokek

Aduh lae, limper pun tak ada uangku lagi

35. Kereta Angin= Sepeda

Kereta Angin ayah sudah tiada

36. Ngeten= Ngintip

Pantesan bengkak matamu, orang ngeten aja kerjamu

37. Lontong= sejenis makian

Lontonglah sama kau, macem betul ja pun

38. Mecemana = Bagaimana

Macemana kalau kita berangkat besok

39. Macem= Seperti

Wajahmu macem emakku kuliat

40. Kayakmana= Seperti

Entah kayakmana sikawan tu , udah rusak kuliat

41. Gol= Masuk penjara

Seorang pejudi berhasil gol 2 tahun

42. Kepek= Rayu

Sudah ku kepek tapi tak dapat juga"

43. Perli=Goda

Kuperli –perli , tak kena juga hatinya

44. Peter= Kejar, target

Kau peter terus sampai dapat

45. Santing= Bagi dua

Bro, santingan dong rokoknya, udah kere nih

46. Tancap= Pacu

Habis kusikat, langsung tancap gas

48. Gas= Pukul,hajar

Ku gas sekali baru tau kau

49. Meper= Miring

Udah meper-meper jalan uwak tu kuliat

50. Raon-raon= Jalan-jalan

Raon-raon kita yuk lae

51. Pulak = Penekanan nada yang berarti juga

Macem mana pulak kalau dia lari dari mu

52. Kibus= mata-mata, pengadu

Woy..kita dikibusin sama kawan tu

53. Tartig=Tarik tiga/ketika boncengan

Bro, kita tartig ja ya..mumpung gada polisi disitu


Banyak yang terdengar lucu dari bahasa diatas , tapi itulah indahnya perbedaan.


Share this article :

5 comments:

  1. Kayak mana itu bukannya bagaimana yaa, bang?

    ReplyDelete
  2. 1lg mas karim, ken lap. wkwkwkwkwkwkwkwkwwkwkwkk

    ReplyDelete
  3. Masik bnyk yg gk pas artinya Lae,cak ko tengok2 lgi, aku juga anak Medan

    ReplyDelete
  4. Masik bnyk yg gk pas artinya Lae,cak ko tengok2 lgi, aku juga anak Medan

    ReplyDelete

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Catatan Karim - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template