Headlines News :
Home » » Al-Kamal Sibolangit Center, a Hidden Story from Sibolangit

Al-Kamal Sibolangit Center, a Hidden Story from Sibolangit

Written By abdul karim on Friday, 17 January 2014 | 02:21

Apa  yang pertama sekali kalian fikirkan tentang Sibolangit , apakah hanya seutas kecamatan yang meruncing ke perbatasan tanah  Karo ? Wisata Alam yang potensial? Hiburan-hiburan keluarga yang fenomenal ? atau hanya kisah  Losmen-losmen beserta para  bungalow bandar baru yang banyak merusak moral bangsa. 

Mesjid Al-Kamal Nan Indah di Sibolangit

Entah apapun itu  opini yang keluar dari benak kalian , saya memandang Sibolangit sebagai suatu daerah sejuk yang masih memiliki potensi religius didalamnya.Pendapat saya diatas akan saya coba jajarkan dengan Al-Kamal Sibolangit Center , Di desa Suka Makmur Kecamatan Sibolangit. 

Pendopo Istirahat  

Gazibo disamping Taman

Adalah Bapak H. Kamaluddin Lubis, SE, seorang advokat senior di ranah Sumatera Utara . Membangun kawasan ini sebagai transisi perjalanan dan kawasan Ibadah umat Muslim sebelum mencicipi suguhan fasilitas Sibolangit lainnya. 



Berbincang dengan Bapak
H. Kamaluddin Lubis owner Sibolangit Center
                             

Yang menariknya Al-Kamal Sibolangit Center memiliki  sebuah program religius yang mereka sebut dengan Wisata Qu'ran. Program bertema religi Islam ini memiliki    Motto , "Spending Your Leisure With Qur'an" , dan bertujuan mengubah  mindset masyarakat sering menghubungkan wisata hanya dengan sesuatu yang menghabiskan waktu untuk bersenang2 dan menghabiskan uang semata. program ini berhasil menghubungkan masyarakat kepada ulama-ulama penting  dari dalam dan luar Negeri. Beberapa kegiatan sosialisasi, kemasyarakatan, dan religius pun mulai digalakkan tim wisata Qur'an untuk menjadikan masyarakat Muslim Sumut yang Qur'ani yang bisa dilihat disitusnya www.wisataquransibolangit.com

Penginapan Pusdiklat Al-Kamal Sibolangit Center



Letaknya yang tidak jauh dari  taman rekreasi &  wahana permainan Hill Park Sibolangit, tidak menyulitkan bagi kita yang ingin mencoba mengunjungi tempat ini . Beberapa fasilitas seperti Masjid, Penginapan, Taman bermain , Pusdiklat , kantin dan  juga Outbond Center menambah kenyamanan kita untuk singgah sejenak sebelum tiba di Tanah Karo. 

Taman dan kolam yang unik 





Ada suatu hal yang tidak lepas dari Al-Kamal Sibolangit Center, di Sini juga terdapat Pusat Rehabilitasi Para Pecandu Narkoba (Rehabilitation For Drugs Addict) , sebuah tempat rehabilitas pecandu Narkoba terbesar di Indonesia seluas 4ha. Umumnya orang-orang yang sudah kecanduan dan masuk ke tempat ini di sebut dengan "pasien" .  

di Pamplet pusat rehabilitasi Narkoba
mereka mengikuti terapi selama 12 Bulan waktu normal dengan menyisipkan wisata qur'an bagi pasien yang beragama muslim, dan para pemuka agama lain bagi pasien yang non Muslim. Al-Kamal juga membuka kesempatan bagi masyarakat dan pelajar yang sifatnya institusional  untuk mengenal lebih jauh tentang Narkoba dan dampaknya bagi diri sendiri  dan lingkungan. melalui seminar-seminar kecil dan langsung mengunjungi dan bertukar pendapat dengan pasien atau pembina rehabilitasi . Saya lebih senangnya menyebut kegiatan ini dengan wisata moril dari pada study tour (red..^_^)


Mengunjungi dan berbincang kepada Pasien Rehabilitas


Dengan kawasan yang potensial , Sibolangit kini memiliki telah memiliki pusat Spiritual dan Religi bagi Ummat  Islam , dan Masyarakat Sumatera Utara umumya.. 
Share this article :

2 comments:

  1. Udah pernah nginap juga disana :D

    ReplyDelete
  2. ada contact penginapannya gak ya...? pernah nginep n punya nomernya.. tp ngilang..

    ReplyDelete

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Catatan Karim - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template