Headlines News :
Home » » Mengetik Cepat, antara Kebutuhan dan Profesionalitas

Mengetik Cepat, antara Kebutuhan dan Profesionalitas

Written By abdul karim on Thursday, 23 January 2014 | 22:21



Saya tidak habis pikir, saat ini hampir semua pekerjaan dihubungkan dengan teknologi informasi dan komunikasi . Dan jika anda sudah berbicara masalah IT. Semua itu tidak lepas dari mengetik dan mengetik. dari membuat laporan, chating dengan teman , mengetik proposal dan juga blogging.

Jika kita bernostalgia pada tahun 1700-an , dimana Henry Mill berhasil menemukan mesin ketik di Inggris. Maka disitulah mulai muncul kebutuhan tulisan yang ditulis secara rapi dan teratur yang kemudian menjadi standarisasi penulisan ilmiah. Dimulai dari papan ketik   ( Keyboard ) Dan papan ketik yang kita gunakan saat telah berubah menjadi sosok Keyboard Elektrik yang terbagi dalam 2  tipe besar QWERTY dan DVORAK. Untuk wilayah Indonesia sendiri lebih sering cenderung menggunakan susunan keyboard  bertipe QWERTY .

Mengetik adalah kebutuhan dalam profesionalitas
Dengan meningkatnya tuntutan zaman, Mengetik adalah keahlian baru yang layak dipelajari. Semakin cepat kita mengetik semakin mudah pula penyelesaian tugas kita yang tidak lepas dari  IT. Dan sebenarnya, seluruh kecepatan mengetik kita sendiri di ukur oleh satuan standar yang yang disebut dengan Word Per Minutes (WPM) . standarisasi  ini mengukur kecepatan mengetik kita secara total , baik Alphabet maupun Numerik.

Timbul satu pertanyaan , Berapa sebenarnya kecepatan Mengetik normal pada umumnya? rata-rata Seorang pelajar atau Mahasiswa mengetik dengan kecepatan 25-35 WPM . Sementara seorang karyawan atau Sekretaris dibutuhkan kemampuan mengetiknya antara 35-45 WPM . Dan seorang typist media , dituntut untuk mengetik dengan kecepatan 50-80 WPM. Dan seorang Advanced Typing bisa dikatakan cepat jika telah mengetik diatas 80 WPM .  Bahkan seorang media typewriter bisa mengetik diatasn 120 WPM. dan jika kalian ingin menguji berapa kecepatan WPM mengetik anda , saya merekomendasikan situs www.10fastfingers.com untuk mengujinya secara online

Dan perhatikan gambar dibawah ini , tersaji fakta-fakta untik tentang dunia mengetik. 

Average typing speed
Courtesy of: Ratatype

Salah satu fakta diatas  yang menggelitik bagi saya , bahwa kecepatan mengetik tercepat dipegang oleh Stella Pajunas pada tahun 1946 dengan 216 WPM yang bisa dibandingkan dengan kecepatan membaca cepat rata-rata orang dewasa 270 WPM atau manusia yang berbicara dengan rekor tercepat didunia yang  mencapai  rekor 637 WPM .Dan keuntikan lagi, ternyata wanita lebih mendominasi pekerjaan mengetik dan pria mendominasi kecepatan mengetik rata-rata dibanding wanita. Dengan fakta diatas,  timbul satu pertanyaan apakah mengetik cepat  itu sebenarnya bakat atau tidak? . 

Mengetik Adalah Keahlian
ternyata mengetik adalah keahlian , ya.saya yakin mengetik itu adalah keahlian, dan bisa dipelajari dengan kebiasaan dan teknik belajar yang tepat . Biasanya para pengetik cepat menggunakan ke 10 jari mereka secara seimbang tanpa lagi melihat keyboard PCnya . Namun ada kisah menarik, menurut survei yang diberitakan di merdeka.com, lebih dari 57 Persen pengetik cepat tidak begitu hafal tombol yang ia ketik ketika disuruh memetakan satu persatu tombol dari keyboard yang ia ketik. mereka hanya mengandalkan insting karena mengetik dijadikan dengan kebiasaan. ini membuktikan semakin sering anda mengetik semakin meningkat pula kecepatan mengetik kita. Namun untuk masalah ketepatan kita memerlukan latihan khusus, dan untuk menyeimbangkan kedua kemampuan diatas (mengetik cepat dan mengetik tepat) kita bisa memanfaatkan   memanfaatkan software Tutor Mengetik yang banyak tersedia. di Internet. 

Software yang Direkomendasikan untuk belajar mengetik Cepat
ada 3 software yang saya rekomendasikan berdasarkan pengalaman , yang memiliki kualitas dan fasilitas yang memadai untuk seorang pembelajar pengetik cepat. yaitu 

1. Typing Instructon Platinum 
  Software ini berbayar, namun memiliki kualitas terbaik diantara software typing lesson yang lain. dari game, tutorial pengetikan , animasi yang baik juga beberapa menu menarik seperti type keyboard,journey typing dan akurasi penilaian dan test yang baik. Sehingga software ini layak menjadi the best.

2. Mavis Beacon
Mavis beacon bersifat freeware , dan sudah memiliki fasilitas lengkap seperti game, multiuser,keyboard , certificate , report, tutorial dan juga lesson yang terpadu. 

3. Typing Tutor For Windows
 Bagi kalian yang senang dengan software gratis dan ukuran ringan, typing tutor for windows lah rajanya.walau memiliki  fitur yang tidak selengkap kedua software diatas , namun teknik pengajaran sudah cukup baik dan layak bagi pengetik pemula . 

Profesionalitas tidak lepas dari mengetik
Tidak ada salahnya kalian belajar mengetik cepat, profesionalitas sudah menyatu dengan IT ,  mau tak mau kita harus mengikuti alur, agar mampu menyeimbangi kebutuhan. Mengetik  adalah bagian menulis, dan mengetik juga  keahlian , bisa dipelajari siapapun yang menggunakan komputer. Well, tetap semangat untuk belajar mengetik cepat.
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Catatan Karim - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template