Headlines News :
Home » » Konsep Student Journalism di Era Teknologi

Konsep Student Journalism di Era Teknologi

Written By abdul karim on Thursday, 30 January 2014 | 08:52


Pelatihan student journalism di Sekolah kami,
bersama Meutya Hafid ( DPR RI komisi I ) 

Hari itu langit berwarna biru teduh, segerombolan mobil berlapiskan simbol golongan karya mendatangi sekolah kami. Meutia Hafidz (Anggota Legislatif Komisi I RI  juga ex-Jurnalis MetroTV ) akan hadir bersama komunitas rumah berdikari, sebuah wadah yang menampung anak-anak muda aktif , inovatif dan mandiri . Mereka akan mengadakan pelatihan public speaking dan Journalist di sekolah kami.
Pembahasan yang cukup menarik dan layak konsumsi bagi pelajar masa kini. Dan yang paling berkesan bagiku adalah melatih anak-anak sekolah ini agar bisa mengubah mindset mereka bermental jurnalis. Karena apapun profesi mereka nanti , jika mental jurnalis sudah tertanam, otomatis insting komunikasi mereka lebih tajam dan peka pada lingkungan sekitar.

Jurnalis, sebuah kata yang diserap dari bahasa Prancis de jour  yang berarti, harian atau catatan harian . Karena pada prinsipnya jurnalis adalah orang yang membuat catatan harian untuk dibagikan kepublik, media massa atau media cetak. Dan bentuk catatan itu tidak terbatas pada berita formal , namun bisa jadi berbentuk sastra , opini atau verbal.  Dan tentu untuk bisa membuat catatan harian yang berkualitas harus digores dari tangan-tangan berbakat dan memenuhi kriteria sebagai jurnalis profesional. Berbagai dimensi ketrampilan harus digunakan bagi anda yang berjiwa jurnalis. Banyak jenis kriteria yang harus diperhatikan sebelum mencoba menjadi journalism antara lain :  Ketrampilan Komunikasi, mempengaruhi , mendengarkan atau kemauan tinggi dalam mencari informasi.

Para pelajar disini dirangsang untuk memulai membuat catatan. Dimulai dari diary sederhana, kemudian dokumentasi perjalanan juga tulisan-tulisan bermanfaat yang bisa dibagikan. Saat ini , media penyampaian aspirasi lebih modern dengan teknologi blogging, social media dan juga forum online yang bisa kita latih kepenulisan kita. Sejak beberapa tahun lalu, konsep citizen journalist menjadi booming dikalangan media , terutama media online melalui situs-situs citizen journalism seperti kompasiana , blogdetik dan sebagainya. Secara defenisi , Citizen journalism merupakan konsep dimana masyarakat (citizen) bisa meliput kejadian-kejadian menarik yang ada disekitarnya , lalau menyerahkan laporan itu kepada berbagai media cetak agar bisa diterbitkan dikolom yang telah disediakan masing-masing redaktur media.

Konsep ini terbilang sukses dan banyak menarik perhatian masyarakat. Nah, pelatihan ini juga memilki tujuan baru untuk membentuk student journalism, menjurnaliskan para pelajar lewat blogger atau website. Dimana setiap pelajar mampu berkarya lewat tulisannya . Dan termotivasi dengan banyaknya fasilitas yang ada , sehingga faktualitas informasi lebih mudah disampaikan .
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Catatan Karim - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template