Headlines News :
Home » , » Download Materi Balaghoh Pondok Pesantren

Download Materi Balaghoh Pondok Pesantren

Written By abdul karim on Wednesday, 15 January 2014 | 17:57



Masih tentang materi pondok pesantren , kali ini  saya akan membagikan materi balaghah kepada kalian. sampai akhir kelas vi pondok saya belum memahami betul materi balaghah tersebut, hingga tamat dari pondok baru saya memahami pentingnya materi balaghoh. ini , secara bahasa Balaghah berarti mencapai atau sampai  dengan bahasa ilmi balaghoh berarti menyampaikan kalimat bahasa dengan jelas. dan biasanya terdapat uslub-uslub (istilah) unik dalam penyampaian sebagai bumbu bicara  dan gaya Bahasa 
Berdasarkan keistimewanya Gaya bahasa ada 3 macam, yaitu : 

a. Gaya bahasa ilmiah. Keistimewaan metode ini yang paling menonjol adalah memberikan kejelasan dan mesti menampakkan kesan yang kuat dan indah. 
b. Gaya bahasa sastra. Pada gaya bahasa ini, keindahan adalah merupakan sifat-sifatnya yang paling menonjol. Gaya bahasa ini menampilkan khayalan indah, gambaran halus dan menyentuh. Aspek puisi dan prosa merupakan sasaran metode ini. 
c. Gaya bahasa pidato. Pada metode ini, terdapat posisi yang agung mengenai kesan dan sasarannya kelubuk hati. Diantara hal yang bisa menambah kesan ialah kedudukan si khatib sendiri di hati para pendengarnya, kekuatan sifat yang dimilikinya, argumentasinya, ketinggian suaranya, kebaikan cara menyampaikannya dan kekukuhan isyarat-isyaratnya. 


dalam Ilmu balaghah kita mengenal 3 pembagian yaitu : 


Ilmu Ma'ani adalah pokok-pokok dan dasar-dasar untuk mengetahui tata cara menyesuaikan kalimat kepada kontekstualnya (muqtadhal halnya) sehingga cocok dengan tujuan yang dikehendaki. 

Al-Bayan (البيان) menurut pengertian bahasa adalah Al-Kasyafu (الكشف) yang berarti membuka atau menyatakan. Bisa juga disebut Al-Lidhaah. Artinya menerangkan atau menjelaskan. 
Menurut istilah ulama Balaghah (Al-Balagha') adalah : 

“Dasar-dasar dan kaidah-kaidah untuk mengetahui cara menyampaikan satu makna dengan beberapa cara yang sebagiannya berbeda dengan sebagian yang lain dalam menjelaskan segi penunjukan terhadap keadaan makna tersebut.”

Al-Badi' (البديع) menurut pengertian etimologi ialah sesuatu yang diciptakan tanpa dengan contoh yang mendahului. Menurut pengertian terminology ialah : 

“Suatu ilmu yang dengannya diketahui segi-segi dan keistimewaan-keistimewaan yang dapat membuat kalimat semakin indah, bagus dan menguasinya dengan kebaikan dan keindahan setelah kalimat tersebut sesuai dengan situasi dan kondisi serta jelas makna yang dikehendaki.”

Langsung saja download link Materi Ilmu Balaghoh disini :

Ilmu Balaghah Keseluruhan 
Share this article :

1 comment:

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Catatan Karim - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template