Headlines News :
Home » » Demi Sebuah Syahadat

Demi Sebuah Syahadat

Written By abdul karim on Monday, 26 March 2012 | 09:58




Samuel,sebuah panggilan kepada Temanku.Dia Non Muslim,tapi selalu mengingatkan kami untuk sholat dan tidak pernah peduli tentang ibadah agamanya .Dan satu hal yang aku cermati dari rautnya ,Jarang sekali memberikan senyuman tulus kepada siapapun.
Ini menjadi misteri kami sebagai temannya , Kehidupannya sangat sederhana dan lebih sering tertutup soal keluarganya.Sikapnya begitu dingin dan tempramental ,membuat beberapa teman-teman lebih sering menjauh darinya.Suatu hari Samuel berhari-hari tidak muncul dari sekolah , sudah satu minggu .ini aku dan rizky bertanya-tanya tentang keadaanya.
"ky, apa ga sebaiknya kita jenguk si samuel" ,Ujarku.
"Iya man,aku pun khawatir dia kenapa-napa di rumahnya., yaudah siang ini kita kerumahnya saja disana.".
Setelah membuat kesepakatan kami pun melesat menuju rumah samuel,sepeda motor yang kami kendari mulai sedikit oleng menepis bebatuan desa ,burung-burung kecil bertengger di dahan diantar gemercik sungai ini ,
kami melewati setapak demi setapak perumahan penduduk .Terus terang aku dan rizky belum pernah sekalipun menepi untuk singgah ke rumahnya.Yang kami tahu di Ujung Jalan ada sebuah kedai sampah dengan pamplet lusuh ,toko sianturi ..marga kebanggaan dari samuel sianturi.
Kami pun masuk ke pelataran kedai yang tutup , sepertinya sudah beberapa hari tidak tampak aktivitas di rumah ini ,kami ketuk pintu dengan halus ,dan tak lama muncul orang yang kami tunggu .wajah lusuh yang berubah terkejut melihat keberadaan kami .
"Salman ,Rizky ..Mau apa kalian datang kemari ?" samuel terkejut
Kami pun menjelaskan: "Begini sam,kami khawatir ketidak hadiranmu disekolah,jadi kami ingin mencari tahu kabar sebenarnya.",belum selesai aku berbicara muncul wanita yang sudah beruban dan kurus keronta dia berteriak dan memaki samuel dengan bahasa yang kurang kami mengerti.Dengan sabar samuel menggotong dan membawanya kekamar .
Tak lama setelah itu , samuel datang dan mengajak kami keluar ."Man,Ky kita diluar saja yuk,ada yang ingin ku ceritakan kepadamu..",
Dengan langkah penasaran kami duduk diteras kedai dan simon menepakkan air mata diantara  rasa heran kami..
"Ky ,kau tau siapa perempuan itu tadi ?"
Rizky mengerutkan dahi "Siapa memangnya sam? "
"Ky, dia itu ibuku."
Paparan samuel membuat kami terkejut.
Apa..? Kenapa ibumu tadik sam?
Samuel tertunduk dan menceritakan kejadiannya :
Begini Man,Ky.Awal mulanya Ibuku itu Normal tidak ada cacat sama sekali,Tiba -tiba 2 tahun lalu ibu menderita stroke dan kehilangan memory ingatan secara tiba-tiba .dokter sendiri bingung apa sebabnya.Menurut paranormal ,ibuku di guna-guna oleh seseorang yang katanya.
beberapa hari lalu ibuku menjerit tiba-tiba, aku kebingungan dan  memanggil orang diluar dan kebetulan ada ustadz sedang lewat.aku tarik saja ,dan setelah dilihatnya ibuku benar diguna-guna oleh sihir.
dia mengobati ibuku  dan aku langsung tenang .Ustadz itu membaca suara ayat-ayat kitab kalian dan merdu sekali ,hati ini merasa bergetar mendengarnya.Saat ibu tidur aku bercerita dengan Ustadz tersebut , tanpa basa -basi aku mengucap dua kalimat syahadat dan aku mencoba sholat seperti yang kulihat kalian.Aku tidak bisa baca apa2 dan hanya satu kata yang aku tahu..Allahu Akbar.dari sujud ke sujud aku mengucap Allahu Akbar.
Kami semua terdiam paku , mendengar kesaksian Samuel yang masuk Islam.tapi kami masih tidak habis fikir kenapa dia sampai masuk ke sekolah , untuk itu aku memberanikan bertanya."Iya ,tapi kenapa kamu tidak sekolah sam?
Dia masih lesu ,menyisakan sebuah ekspresi penyesalan di wajahnya.
Ky,Sam kalian tahu siapa yang membuat ibuku begini ?
kami keheranan dan bertanya kembali , siapa sam ?
Dia adalah Berta Sianturi , Ayah kandungku sendiri ..
"Kamu jangan sembarang bicara sam" dengan nada tinggi aku memotong pembicaraan .
Iya ,Man aku tidak masuk sekolah karena aku mengurus rumah dan menjaga ibu ,ayah pergi karenaku..
"Maksudmu? " Rizky bertanya penuh keheranan.
Dia meninggalkan kami seminggu yang lalu,karena mendengarku mengucap Allahu Akbar.Aku habis dihajar,dipukuli dan disiksa .
Ayah mengancamku akan meninggalkan rumah dan ibuku  jika aku tetap masuk Islam.Namun aku tidak peduli, Bagi ku Islam memberikan ketenangan batin dari pada agama yang kuanut sebelumnya.ternyata benar ayahku yang selama ini hanya berjudi dan mabuk-mabukan,dan diakhir katanya dia mengakui bahwa dialah yang mengguna2 ibuku..untuk bisa bermain dengan wanita lain tanpa takut kehilangan warisan.
Aku pun memakinya habis2an .dan ayah pergi meninggalkan kami , Kalau tidak karena ibu ,aku pasti ke sekolah , tapi siapa yang mengurus kedai.ini..??
kusempatkan kerja serabutan dengan pak leman ,makanya toko ini kututup demi ibu.
Tak lama kami bicara ..Ibu Samuel menjerit dan kami panik ..Ibu samuel dibawa ke Ustadz Sofyan, yang termasuk mahir menangani hal supranatural.Mata terbelalak , Nafas tersengal,dan Mulut terbuka..
Ustadz Sofyan menyuruh kami membantu ibu Simon mengucap 2 kalimat syahadat..Aku dan simon membantu sekuat tenaga.Bu, Ikuti kami.....ikuti kami...bu..Sang ibu tersengal dan mencoba memahami maksud kami , Masya Allah Ibu ini dalam kondisi Sakratul Maut.
Sang ibu yang dengan kesulitan berhasil mengikuti lafaz kami..walau sedikit tercengal dan menghembuskan nafas terakhir diantara simon yang  baru diuji allah syahadatnya.Ibu Pulang kerahmatullah dengan membawa islam di qalbu .Simon menangis sedalamnya ..ia harus diberi cobaan berat ketika dirinya masih baru merayap diawal keislamannya.ini adalah secarik suratku tentang samuel , semoga menjadi pelajaran bagi kalian yang masih menikmati kasih sayang orang tua..( written by : abdul karim)

Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Catatan Karim - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template