Headlines News :
Home » » AKANKAH MUNCUL SISTEM PESANTREN DIGITAL ?

AKANKAH MUNCUL SISTEM PESANTREN DIGITAL ?

Written By abdul karim on Tuesday, 20 March 2012 | 06:56



written by : Abdul Karim 
Lebih dari satu abad yang lalu , Pesantren sudah masuk sebagai perintis pendidikan di Indonesia untuk mencetak para murid yang berkader Ulama  dan Mampu beradaptasi dalam Culture Path pada  kehidupan masyarakat  tanpa mengurangi nilai -nilai Islam yang Diampu . Dalam berbagai lini dan sisi kehidupan pesantren telah membuktikan akan peranannya yang besar terhadap Bangsa Indonesia , Beberapa nama pahlawan Nasional seperti KH. Zaenal Mustofa, KH Rukhiyat, KH. Hasyim Asyari merupakan salah satu bukti bahwa Indonesia memiliki tempahan -tempahan unggul yang lahir dari rahim sebuah pendidikan di Pesantren .
Dengan bergulirnya waktu hingga merajut kepada abad 21 , Pesantren kian berkembang dan memunculkan sistem -sistem baru .Namun animo masyarakat lebih cenderung memaparkan bahwa pesantren di identifikasi dengan sebuah sistem kuno, kolot dan gagap teknologi . Pandangan Tersebut perlu di kaji ulang , Para santri sudah bisa berfikir mengikuti arus , munculnya buku pesantren digital , kitab kuning digital , jejaring sosial pesantren dan situs -situs yang di rajut oleh tangan alumnus pesantren merupakan segelincir bukti bahwa pesantren tidak kolot , pesantren tidak kuno dan pesantren tetap mengikuti zaman tanpa menggelincirkan al-qur'an dan sunnah .

Dengan munculnya teknologi -teknologi yang meresapi dunia pesantren maka masalah baru muncul . Penyalahgunaan dan penyelewengan teknologi terjadi , para santri lebih mudah membuang waktu karena teknologi game online yang bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja , para santri lebih mudah terjerumus kedalam  hal yang berbau sara dan pornografi karena munculnya situs -situs yang seharusnya tidak beredar didunia internet  . Maka sistem pesantren saat ini harus lebih ekstrim dalam pencegahan penyalahgunaan teknologi . Akhlaq santri harus dididik secara serius , bahkan bukan tidak mungkin sistem digitalisasi pada sebuah pesantren bisa menjadi pendidikan baru untuk diterapkan .
Pesantren Tradisional  dam Pesantren Modern bisa saja menggunakan teknologi untuk kepentingan syiar Islam sehingga muncul sistem pendidikan Pesantren Digital yang mendidik dengan fasilitas teknologi digital. Pengawasan 24 jam melalui cctv , muhadatsah langsung dengan penduduk asing lewat fasilitas VoIP , Pembelajaran secara online dan sistem -sistem teknologi lainnya yang mendukung pendidikan pada sebuah pesantren .
Jika dikelola secara serius tentu teknologi sangat membantu dunia pendidikan Islam , untuk itu dasar -dasar penanaman akhlaq  dan ilmu harus dibentuk dari dasar , agar para santri tidak menyeleweng dan menyimpang dari Aturan Islam tentang teknologi . Karena Teknologi saat ini merupakan segelintir kecil dari Ilmu Allah yang baru bisa dimanfaatkan manusia , agar kita semakin taat akan kebesarannya .
Dalam surah Al-Baqarah Allah Menjelaskan 


Artinya : “Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang, bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi manusia, dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah mati (kering)-nya dan Dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan, dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi; sungguh (terdapat) tanda-tanda (keesaan dan kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan.” (QS Al Baqarah : 164)


Oleh sebab itu mari kita tingkatkan ilmu akan teknologi namun jangan sampai kita tinggalkan ilmu yang menjadi dasar fondasi hidup kita untuk dunia dan akhirat , yaitu Ilmu Agama .
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Catatan Karim - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template